Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Dalam Seminggu Daerah Ini Nol Kasus Kematian COVID-19

Yulianto Prabowo
Kepala Dinkes Jateng
Semarang-Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan ada sejumlah daerah, tidak ada penambahan kasus kematian akibat COVID-19 alias nol kasus. Beberapa daerah itu tersebar merata, di 15 kabupaten/kota se-Jateng. Pernyataan itu dikatakannya saat ditemui di kantor gubernur, kemarin.

Menurutnya, pada pekan ke-40 atau antara 4-10 Oktober 2021 beberapa daerah mencatatkan nol kasus kematian akibat COVID-19. 

Yulianto menjelaskan daerah-daerah yang tidak ada kasus kematian akibat COVID-19, ada 15 kabupaten/kota di antaranya adalah Kabupaten dan Kota Pekalongan, Kota Salatiga, Jepara, Kendal dan Kudus. Kebanyakan adalah daerah-daerah dengan status PPKM level 3, dari sebelumnya berada di level 2.

"Ya kalau kita lihat selama ini, analisis kematian seperti itu ya. Jadi mayoritas adalah lansia dan pralansia serta punya komorbid dan belum divaksin," kata Yulianto.

Sementara itu Gubernur Ganjar Pranowo meminta kepada daerah-daerah yang nol kasus kematian atau hanya mencatat satu kasus kematian akibat COVID-19, agar tidak lengah dan kendor dalam kewaspadaan. Sebab, masyarakat akan mudah lengah jika daerah mengumumkan sudah tidak ada kasus atau nihil kasus kematian akibat COVID-19.

Menurut Ganjar, yang lebih diwaspadai lagi adalah peringatan atau hari libur Natal dan Tahun Baru mendatang untuk semakin meningkatkan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat.

"Agar jangan sampai ada gelombang ketiga klaster Nataru. Maka, kita mesti menyiapkan dari sekarang. Persiapan yang paling bagus adalah menggenjot vaksin, dan saya sampaikan kepada kawan-kawan bupati/wali kota agar di antara mereka juga tidak lengah terhadap pergerakan masyarakat. Masker ini yang paling utama, enggak boleh dicopot," ucap Ganjar. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar