Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Tidak Ada Korban Dari Gempa Swarm

Semarang-Kapolsek Banyubiru Iptu Subhan membantah adanya info yang beredar, seorang korban meninggal dunia dan rumah roboh akibat gempa Swarm pada Sabtu (23/10) pagi kemarin. Petugas TNI/Polri bersama masyarakat setempat sudah melakukan patroli dan pendataan, tidak ditemukan adanya korban meninggal dunia akibat gempa Swarm maupun rumah roboh. Pernyataan itu dikatakannya melalui siara pers, kemarin.

Subhan menjelaskan, beredar rekaman suara yang berdurasi 25 detik dan menginformasikan bahwa di wilayah Kelurahan Muncul di Banyubiru terjadi rumah roboh dan seorang warga meninggal dunia. Informasi rekaman suara itu, disebar melalui aplikasi perpesanan instan atau grup WhatsApp. 

Menurut Subhan, informasi menyesatkan masyarakat itu membuat kegaduhan dan kepanikan warga di tengah rentetan gempa sejak Sabtu (23/10) pagi hingga Minggu (24/10) malam. Oleh karena itu, pihaknya bersama tokoh masyarakat melakukan patroli ke wilayah Muncul dan tidak ditemukan kejadian menonjol akibat dampak gempa Swarm.

"Bahwa adanya beredar berita di Kelurahan Muncul ada beberapa rumah yang roboh, dan satu orang meninggal serta beberapa orang dibawa ke rumah sakit akibat dampak gempa itu adalah hoaks dan tidak benar. Kami tokoh masyarakat dan saya dari Polsek Banyubiru, dari tadi pagi sudah keliling ke wilayah Dusun Muncul. Bahwa saat ini tidak ditemukan adanya dampak kerusakan baik materiil maupun korban," kata Subhan.

Lebih lanjut Subhan menjelaskan, rekaman suara yang disebar itu tidak diketahui pembuatnya dan saat ini pihaknya masih melakukan pelacakan kepada pembuatnya. Sebab, yang telah dilakukannya telah membuat keresahan di tengah masyarakat. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar