Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Waspadai Curah Hujan Tinggi

Iis Widya Harmoko
Prakirawan BMKG
Semarang-Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Semarang Iis Widya Harmoko meminta masyarakat Jawa Tengah meningkatkan kewaspadaan, saat masuk musim hujan dengan curah hujan tinggi di atas normal. Sebab, curah hujan dengan intensitas di atas normal akan berdampak pada bencana alam di daerah tertentu. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, belum lama ini.

Iis menjelaskan, curah hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi dan di atas normal lebih berpotensi terjadi bencana alam. Baik itu tanah longsor, maupun banjir bandang di beberapa wilayah. 

Menurut Iis, beberapa daerah yang harus mewaspadai curah hujan tinggi di atas normal di antaranya adalah Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Magelang serta Kendal dan Kota Semarang. Yakni terjadinya tanah longsor, maupun banjir bandang di dataran rendah.

"Sifat musim hujannya diperkirakan normal dan di atas normal. Jadi ada beberapa daerah sifat musim hujannya normal, dan ada juga yang di atas normal. Ini perlu menjadi perhatian bersama, untuk daerah-daerah yang diperkirakan sifat hujannya di atas normal. Jadi kalau normalnya 300 milimeter bisa hujannya di atas normal 350 milimeter, dan 350 milimeter itu bisa jadi sedang atau tinggi tidak mesti dipukul rata setiap bulan di atas 350 milimeter. Biasanya curah hujan semakin tinggi ketika mendekati puncak musim hujan," kata Iis.

Lebih lanjut Iis menjelaskan, terkait prakiraan curah hujan tersebut diimbau masyarakat yang bermukim di daerah rawan banjir dan tanah longsor harus siaga dan waspada. Apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan berlangsung lama, agar segera melakukan tindakan pencegahan untuk penanggulangannya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar