Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BI Dorong Kemudahan Berinvestasi di Jateng

Pribadi Santoso
Kepala KPw BI Jateng
Semarang-Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Pribadi Santoso meminta seluruh stakeholder terkait, untuk mendorong kemudahan berinvestasi dan menarik investor di masa pandemi. Sebab, investasi menjadi salah satu inti dari pertumbuhan ekonomi. Pernyataan itu dikatakannya saat membuka diskusi "Kemudahan Investasi di Jawa Tengah" secara virtual, kemarin.

Menurut Pribadi, dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi maka investasi menjadi salah satu indikator pertumbuhan ekonomi yang harus didorong. 

Pribadi menjelaskan, kemudahan iklim berusaha menjadi penting dan dapat menarik investasi langsung ke Jateng. Karena, saat ini Indonesia menduduki rangking ke-73 berdasarkan Ease of Doing Business yang dirilis World Bank dalam hal kemudahan bisnis. Kondisi ini lebih baik, bila dibandingkan lima tahun yang lalu pada posisi ke-106.

"Dengan berbagai fasilitas dan kemudahan investasi tersebut, kami berharap minat investor untuk masuk ke Jawa Tengah akan semakin meningkat pesat. Dari sisi infrastruktur keuangan, Bank Indonesia juga terus berada di depan dalam menjaga stabilitas nilai tukar dan sistem keuangan. Upaya tersebut juga terus diperkuat, dengan memperbanyak instrumen pengelolaan risiko keuangan kaitannya yang terkait dengan nilai tukar dan juga suku bunga. Sehingga, pasar keuangan Indonesia ke depan diharapkan akan semakin dalam dan lebih tahan terhadap potensi adanya guncangan," kata Pribadi.

Lebih lanjut Pribadi menjelaskan, pemerintah pusat melalui Kementerian Investasi juga telah membentuk Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA). Melalui platform tersebut, berfungsi untuk menyederhanakan beberapa perizinan menjadi satu dengan durasi proses yang lebih singkat. (K-08)

Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar