Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Dinkes: Vaksin Kedaluwarsa Disimpan Dulu Jangan Dipakai

Yulianto Prabowo
Kepala Dinkes Jateng
Semarang-Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo meminta kepada kabupaten/kota, agar tidak memakai vaksin kedaluwarsa dan disimpan dulu di suhu yang telah ditentukan. Nantinya akan ada supervisi dari Kementerian Kesehatan, terkait vaksin yang melebihi batas waktu pemakaian. Pernyataan itu dikatakannya saat ditemui di kantor gubernur, Senin (8/11) sore.

Yulianto menjelaskan, untuk stok vaksin kedaluwarsa di Kabupaten Kudus sudah ada penanganan khusus dan Dinas Kesehatan setempat diminta tetap menyimpan dengan suhu tertentu. 

Menurut Yulianto, pada akhir November 2021 nanti akan ada banyak stok vaksin memasuki masa kedaluwarsa. Kebanyakan adalah vaksin jenis Astra Zeneca, yang memasuki masa akhir edar pada 30 November 2021. 

Daerah-daerah yang masih memiliki banyak stok vaksin, untuk segera dilakukan percepatan vaksinasi kepada masyarakat sasaran.

"Sudah dilaporkan ke Kementerian Kesehatan, dan instruksinya supaya disimpan dalam suhu standarnya. Dalam suhu yang telah ditetapkan, sambil nanti akan ada supervisi tentang itu. Dan kemungkinan akan dilakukan suatu uji-uji berikutnya, karena memang sebenarnya ada ketentuan lain yang masih memungkinan untuk dipakai sampai enam bulan berikutnya," kata Yulianto.

Lebih lanjut Yulianto meminta daerah-daerah yang memiliki banyak stok vaksin mendekati masa kedaluwarsa, untuk segera melakukan percepatan. Salah satunya adalah Kabupaten Purbalingga, yang mendapat limpahan vaksin dari Tangerang tetapi masa waktu edarnya tinggal beberapa hari saja. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar