Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Dinas ESDM Jateng Targetkan Seluruh Rumah Warga Miskin Sudah Teraliri Listrik Gratis

Petugas PLN menerangkan kepada warga soal
meteran listrik di rumahnya yang baru terpasang
.
Semarang-Kepala Dinas ESDM Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan pihaknya terus memetakan daerah-daerah yang belum terjangkau aliran listrik, terutama rumah-rumah keluarga miskin. Dinas ESDM Jateng juga bekerja sama dengan PLN, dalam upaya penguatan jaringan untuk menyambungkan listrik ke rumah tangga sasaran. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantor gubernur, baru-baru ini.

Sujarwanto menjelaskan, pihaknya memiliki program bantuan listrik gratis bagi keluarga miskin yang memang belum tersambung aliran listrik. Terutama, bagi keluarga miskin yang tinggal di wilayah perdesaan. 

Menurut Sujarwanto, sambungan listrik gratis dilakukan di berbagai daerah di Jateng yang memang masih rendah cakupan rasio elektrifikasinya. Sampai dengan 2020 kemarin, total sambungan listrik ke rumah warga miskin sudah mencapai 40 ribu lebih sambungan. Pihaknya optimistis, pada tahun ini bisa terpasang 15 ribu sambungan listrik ke rumah tangga sasaran.

"Tahun ini kita targetkan 15 ribu sebagaimana RPJMD kita setiap tahun nanti sampai 2023 adalah 15 ribu sambungan. Dan Alhamdulillah hari ini progresivitasnya baik, kalau tingkat capaian dan sebagainya sampai akhir tahun ini akan baik. Nah yang terjadi adalah ada tambahan-tambahan dari program-program CSR, ini akan lebih baik lagi. Dalam rangka mempercepat pengentasan kemiskinan, di samping kita memperbaiki rasio elektrifikasi juga pengentasan kemiskinan karena kelompok rumah tangga miskin yang kita sambung itu kita dorong juga untuk nanti melakukan produksi usaha kecil-kecilan di tingkat rumah tangga," kata Sujarwanto.

Lebih lanjut Sujarwanto menjelaskan, selain sambungan listrik ke rumah tangga sasaran pihaknya juga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat. Yakni berupa biogas yang dibangun 81 unit, dan akan terus ditingkatkan sampai 102 unit. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar