Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Kapolri: Pemudik Jangan Selalu Gunakan Jalan Tol

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dengan 
Gubernur Ganjar Pranowo saat meninjau Gerbang
Tol Kalikangkung.
Semarang-Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau kepada masyarakat pemudik, agar tidak mengandalkan ruas jalan tol sebagai jalur yang dipilih untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman. Tujuannya, agar jalan tol Trans Jawa bebannya tidak terlalu berat dan untuk memecah kepadatan. Pernyataan itu dikatakan saat meninjau Gerbang Tol Kalikangkung, Rabu (27/4).

Kapolri menjelaskan, pihaknya sudah berulang kali menggelar simulasi pengaturan arus lalu lintas di ruas jalan tol guna mengantisipasi kepadatan dan menghindari kemacetan di ruas tol Trans Jawa. Simulasi pengaturan arus lalu lintas di ruas jalan tol Trans Jawa itu sebagai pematangan dari skenario penerapan sistem satu arah atau one way,dari Jakarta dan berakhir di Gerbang Tol Kalikangkung. 

Menurutnya, saat ini pergerakan arus lalu lintas dari wilayah Jakarta atau Jawa Barat sudah mulai terjadi peningkatan. Sehingga, personel di lapangan harus sigap melakukan pengaturan dan antisipasi kepadatan untuk memecah dan mengatasi kemacetan arus lalu lintas.

"Ada empat alternatif jalur yang disiapkan, baik di jalur tol atau pantura dan arteri serta wilayah pantai selatan ditambah wilayah selatan juga. Itu adalah alternatif-alternatif yang bagi masyarakat yang perlu kita infokan, sehingga kemudian bisa memilih berbagai jalur alternatif di luar jalur tol yang dipersiapkan," kata kapolri.

Lebih lanjut kapolri juga meminta kepada seluruh masyarakat pemudik, agar selalu mengutamakan keselamatan berlalu lintas selama melakukan perjalanan ke kampung halaman. Bagi para pemudik yang kelelahan saat melakukan perjalanan jauh, bisa memanfaatkan tempat istirahat di ruas jalan tol maupun jalan nasional dan juga arteri atau jalur selatan. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar