Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pemprov Siapkan Anggaran Untuk Pemilu 2024

Gubernur Ganjar Pranowo saat bertemu komisioner
KPU Jateng, kemarin.
Semarang-Pemprov bersama KPU Jawa Tengah telah menyiapkan dan menyusun anggaran untuk Pemilu 2024, dan anggaran yang diusulkan KPU Jateng sebesar Rp2,4 triliun. Anggaran tersebut nantinya dibagi antara pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota se-Jateng.

Komisioner KPU Jateng Ikhwanudin mengatakan sesuai peraturan mendagri, harus ada kesepakatan bersama antara gubernur dengan bupati wali kota,  terkait dengan anggaran Pemilu 2024 mendatang. Pernyataan itu dikatakan saat bertemu Gubernur Ganjar Pranowo di kantor gubernur, kemarin.

Ikhwanudin menjelaskan, dari sharing anggaran tersebut diharapkan Pemprov Jateng bisa mengambil alih honorarium ad-hoc PIlkada 2018 ditanggung kabupaten/kota. Tujuannya, agar tidak muncul perbedaan besaran honor.

"Sehingga harapannya nanti bisa ditanggung propinsi dari PPK, PPS maupun KPPS. Angkanya kalau dihitung itu Rp1 triliun lebih," kata Ikhwanudin.

Lebih lanjut Ikhwanudin menjelaskan, kenaikan anggaran dalam usulan yang diberikan itu juga dipengaruhi perubahan sejumlah indeks. Selain honorarium ad-hoc, juga terdapat kenaikan jumlah pemilih dan tempat pemungutan suara (TPS).

"Itu yang menyebabkan kenaikan angka untuk kebutuhan pilkada. Jadi nanti Rp1 triliun untuk honor, sisanya untuk operasional. Lainnya ditanggung kabupaten/kota," jelasnya.

Sementara itu Gubernur Ganjar Pranowo mengapresiasi persiapan dini yang dilakukan KPU Jateng, untuk Pilkada dan Pemilu 2024. Secara umum, rapat pembahasan terkait anggaran akan segera dilakukan.

Ganjar menjelaskan, Pemprov Jateng telah 'menabung' anggaran untuk pelaksanaan Pemilu 2024. Setidaknya pada 2023 mendatang, sudah ada Rp900 miliar yang siap dianggarkan untuk KPU Jateng menyelenggarakan pilkada.

"Kalau nanti kita separuh, asumsinya siapkan Rp1,2 triliun. Rasa-rasanya tidak terlalu berat untuk tambahan berikutnya," tandasnya. Kita akan review indeks-indeks biaya yang ada, sehingga betul-betul bisa efisien," jelas Ganjar. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar