Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Solar Cell Terus Dikembangkan di Jateng

Sujarwanto Dwiatmoko
Kepala Dinas ESDM Jateng 
Semarang-Kepala Dinas ESDM Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan pengembangan PLTS Atap atau solar cell dalam upaya mengampanyekan Jateng Solar Province terus dikebut, tujuannya untuk mengurangi penggunaan energi fosil dan beralih ke energi baru terbarukan (EBT). Sebab, Jateng merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mendapatkan kelimpahan sinar matahari. Pernyataan dikatakan di sela penyerahan bantuan PLTS Atap di Ponpes Tanbihul Ghofilin Banjarnegara, kemarin.

Sujarwanto menjelaskan, gerakan Jateng Solar Province itu sebenarnya sudah diawali sejak 2017 lalu dengan pemasangan PLTS Atap di sejumlah kantor pemerintahan. Mulai dari kantor Dinas ESDM Jateng, kantor Bappeda dan juga kantor Sekwan DPRD Jateng.

Menurutnya, setelah di kantor pemerintahan kemudian beralih ke pondok pesantren dan sejumlah fasilitas publik lainnya. Sehingga, Jateng dalam transisi energi bisa menjadi pelopor di seluruh Indonesia.

"Kita sudah punya pembangkitan listrik untuk di Jawa Tengah di atas 300 MW. Jadi sudah cukup besar. Lho kok bisa besar, karena ternyata kampanye kita sudah diikuti industri. Belum lagi perkantoran yang diawali sejak 2017 untuk memasang surya rooftop di kantor Dinas ESDM," kata Sujarwanto.

Lebih lanjut Sujarwanto menjelaskan, penggunaan PLTS Atap bisa memberikan keringanan penggunaan energi listrik. Sebab, tidak tergantung pada pasokan listrik dari PLN. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar