Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BI Jateng Kebut Pemanfaatan QRIS

Masyarakat mulai membiasakan membayar menggunakan 
QRIS
.
Semarang-Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra mengatakan pihaknya terus mengebut pemanfaatan QRIS kepada masyarakat, dalam upaya digitalisasi pembayaran. Tujuannya, untuk mengurangi penggunaan uang kartal dan mencegah peredaran uang palsu di masyarakat. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, Rabu (17/8).

Rahmat menjelaskan, saat ini sudah ada 1,8 juta pengguna QRIS dan 1,5 juta pedagang atau tenant. Tahun ini ditargetkan, penggunaan QRIS di Jateng bisa mencapai 2,1 pengguna.

Menurutnya, tahun ini pihaknya bersama stakeholder terkait akan terus melakukan sosialisasi penggunaan QRIS kepada masyarakat maupun pelaku usaha.

"Meningkatkan penggunaan QRIS. Tahun lalu fokus ke tenant. Jadi banyak pasar yang sudah dikunjungi dan sosialisasi, kita diberikan pengertian mengenai digital ekonomi. Termasuk di dalamnya digitalisasi pembayaran. Tahun ini kita target pada user, user QRIS.

Lebih lanjut Rahmat menjelaskan, total sudah ada 10 pasar tradisional se-Jateng dan lima mal di Kota Semarang. Termasuk berkoordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah daerah, dalam upaya melakukan digitalisasi pembayaran. Baik penerimaan maupun pembelanjaan anggaran.

Lima Mal di Semarang Terapkan QRIS

Rahmat menyebutkan, saat ini ada lima mal di Kota Semarang yang telah menerapkan QRIS. Yakni Mal Paragon, Mal Tentrem, DP Mal, Mal Ciputra dan Java Supermal.

Menurut Rahmat, saat ini sepanjang triwulan pertama 2022 transaksi QRIS sudah mencapai Rp232 miliar. Penggunaan QRIS dalam digitalisasi pembayaran, akan memudahkan pedagang dan pembeli dalam bertransaksi.

"Tentunya transaksinya lebih mudah lebih cepat. Tenant-tenant sudah semua. Tidak terjadi sentuhan fisik tidak seperti kalau pakai uang kartal,"  pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar