Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

DPMPTSP Jateng Catat Investasi Masuk Capai Rp39,19 T

Ratna Kawuri
Kepala DPMPTSP Jateng
Semarang-Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Tengah Ratna Kawuri mengatakan selama semester satu 2022, investasi yang masuk mencapai Rp39,19 triliun. Pada tahun ini, Jateng memasang target investasi sebesar Rp65,54 triliun. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, kemarin.

Ratna menjelaskan, realisasi investasi pada semester satu 2022 yang mencapai Rp39,19 triliun itu jumlah proyeknya sebanyak 8.298 unit. 

"Kalau target yang ditetapkan melalui RPJMD, kita tidak bicara angka absolut tetapi angka relatif. Jadi pertumbuhannya berapa. Kita targetnya kan pertumbuhannya 4-5 persen. Kalau sebelumnya kita dibebankan pertumbuhan ekonomi tujuh persen, maka pertumbuhan investasinya ya sekitar 9-12 persen," kata Ratna.

Lebih lanjut Ratna menjelaskan, Jepang menjadi negara paling mendominasi investasi di Jateng. Yakni sebesar USD 525.209,50 atau 46,23 persen dari total investasi pada semester pertama 2022. Kemudian disusul Korea Selatan dengan USD 166.410,10 atau 14,65 persen dan Singapura USD 85.183,70.

Batang Role Model Kawasan Industri Nasional

Menurut Ratna, kawasan industri di Batang dijadikan role model penataan kawasan industri secara nasional.

"Sebagai sebuah ikon kawasan industri, Batang ini diarahkan dan bahkan arahan dari Presiden Jokowi bahwa Kawasan Industri Terpadu Batang itu menjadi role model kawasan industri. Arah kebijakan pembangunan di Jawa Tengah kan sudah jelas," kata Rahmat.

Lebih lanjut Rahmat menjelaskan, ada daerah yang menjadi lokasi favorit bagi calon investor asing yaitu di Kabupaten Jepara, Batang, Kendal dan Kota Semarang. Sedangkan investor dalam negeri memilih Kota Semarang, Kabupaten Boyolali, Sukoharjo, Demak dan Banyumas sebagai daerah favorit. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar