Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Jelang Imlek, Jasa Marga Catat 340 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Semarang-Jasa Marga mencatat sebanyak 340.411 kendaraan meninggalkan Jabotabek menjelang perayaan Hari Raya Imlek 2023.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat gerbang tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak) dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) serta GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung).

Total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek naik sebanyak 7,90 persen jika dibandingkan lalu lintas normal.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan untuk distribusi lalu lintas yang meninggalkan Jabotabek dari ketiga arah mayoritas sebanyak 157.313 kendaraan (46,21 persen) menuju arah timur (Trans Jawa dan Bandung), 100.940 kendaraan (29,65 persen) menuju arah barat (Merak) dan 82.158 kendaraan (24,13 persen) menuju arah selatan (Puncak).

Lisye menjelaskan, kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek menuju Trans Jawa dan Bandung melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek berjumlah 73.009 kendaraan.

Jumlah itu meningkat sebesar 14,62 persen bila dibandingkan dari lalu lintas normal.

Sementara kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang berjumlah 84.304 kendaraan, atau meningkat sebesar 16,42 persen dari lalu lintas normal.

"Total lalin yang meninggalkan Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut sebanyak 157.313 kendaraan. Ini meningkat sebesar 15,57 persen dari lalin normal," kata Lisye dari kutipan rilis hari ini.

Lebih lanjut Lisye menjelaskan, kendaraan yang meninggalkan Jabotabek dari arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak sebanyak 100.940 kendaraan atau meningkat 2,66 persen dari lalu lintas normal.

Sedangkan jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 82.158 kendaraan, atau meningkat 1,36 persen dari lalu lintas normal.

"Kami mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan saat berada di rest area dan pastikan kecukupan BBM serta saldo uang elektronik," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar