Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Antisipasi Macet, Pertigaan Krapyak Akan Dilakukan Rekayasa Lalu Lintas

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono bersama jajaran meninjau tol
Batang-Semarang dan melihat progres pembangunan jembatan Kali-
kuto. Foto: ISTIMEWA 
Semarang-Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan kepolisian dan Jasa Marga, akan memberlakukan rekayasa lalu lintas di pertigaan Krapyak saat arus mudik Lebaran tahun ini.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan rekayasa lalu lintas yang dilakukan, yakni dengan memberlakukan contraflow dari arah Jakarta. 

Menurutnya, kondisi itu diberlakukan jika terjadi kepadatan ketika masuk Gerbang Tol Manyaran dan antreannya sampai ke pertigaan Krapyak. Sehingga, perlu ada langkah antisipasi yang harus diambil, agar tidak mengganggu kelancaran lalu lintas di Kota Semarang.

"Di Krapyak nanti karena itu pertemuan dari jalan nasional dengan jalan tol, karena saat arus mudik banyak kendaraan dari jalan nasional masuk tol kemungkinan akan kita berlakukan contra flow. Untuk melaksanakan itu, kita akan siapkan rekayasanya, baik personel maupun sarana dan prasarananya," kata 

Lebih lanjut Budi menjelaskan, untuk menerapkan contraflow di pertigaan Krapyak saat arus mudik nanti akan ada simulasi sebelumnya. Sehingga, saat diberlakukan tidak ada masalah.

Selain pertigaan Krapyak yang menjadi fokus perhatian saat arus mudik, lanjut Budi, exit tol Gringsing juga akan dilakukan rekayasa untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan. Yakni, kendaraan dari Jakarta dikeluarkan ke Kalikuto ruas tol Batang-Semarang. Sebab, ada titik pertemuan dari arteri atau jalan nasional dan tol fungsional. 

"Kita koordinasi dengan Satlantas Polres Batang dan Kendal. Mungkin dari arah Jakarta tga lajur," ujarnya.

Selain rekayasa lajur, jelas Budi, pengaturan lampu pengatur lalu lintas juga akan dilakukan. Kendaraan dari Jakarta dan akan kembali ke tol, bisa berbelok ke kanan dan masuk ke tol fungsional menuju Krapyak. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar