Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Festival Cheng Ho Kembali Digelar Dengan Target 1.300 Wisatawan

Penampilan naga doreng dari Arhanudse-15 saat memeriahkan acara
Festival Cheng Ho tahun lalu. Foto: ISTIMEWA 
Semarang-Tahun ini Festival Cheng Ho kembali digelar selama 11 hari, mulai 9-19 Agustus 2018. Festival Cheng Ho digelar, sebagai peringatan kedatangan Laksamana Cheng Ho atau Sam Poo Kong di Semarang.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah Ida Bagus Ketut Alamsyah mengatakan Festival Cheng Ho menjadi salah satu wisata tradisi tahunan, yang sekarang menjadi unggulan di provinsi ini. Bahkan, Festival Cheng Ho sudah masuk dalam 100 kalender event di Kementerian Pariwisata.

Menurutnya, dengan adanya Festival Cheng Ho maka akan mewujudkan kebersamaan dalam keberagaman. Sebab, warga Semarang yang keturunan Tionghoa sudah menyatu dengan warga asli melalui berbagai akulturasi budaya dan tradisi.

Melalui Festival Cheng Ho, jelas Ida, maka wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Jateng akan mengalami kenaikan. Karena, selama kegiatan ditargetkan bisa mengundang kurang lebih 1.300 wisatawan. 

"Kami ditargetkan Kemenpar itu jumlah wisatawan yang datang sampai 2019 adalah dua juta wisatawan mancanegara, dan Jawa Tengah diberi jatah 1,2 juta wisatawan mancanegara. Saat ini, di Jawa Tengah di 2017 baru tercapai 780 ribu wisatawan mancanegara. Mudah-mudahan sampai 2018 nanti, satu juta wisatawan mancanegara kami dapatkan," kata Ida, Rabu (8/8).

Lebih lanjut Ida menjelaskan, dengan adanya Festival Cheng Ho ini maka efek turunannya juga akan terasa. Misalkan kunjungan ke Lawang Sewu atau Kota Lama juga semakin banyak wisatawan yang datang.

Sementara itu, Manager Operasional Kelenteng Sam Poo Kong Anandita Rinaldie menambahkan, Festival Cheng Ho akan diisi dengan berbagai hiburan. Salah satunya adalah mengarak patung Cheng Ho dari Kelenteng Tay Kak Sie, ke Kelenteng Sam Poo Kong. Rencananya, akan ada lima patung Cheng Ho yang akan dikirab.

"Ini merupakan ritual tahunan dan sudah menjadi budaya, terutama untuk teman-teman Tionghoa di Kota Semarang. Kegiatan ini rutin setiap tahun mengarak patung Dewa Cheng Ho, yang kebetulan di Semarang itu ada di dua kelenteng," ucapnya.

Nantinya, lanjut Anandita, setelah sampai di Kelenteng Sam Poo Kong, patung Cheng Ho dari Kelenteng Tay Kak Sie dengan patung asli Cheng Ho di goa Gedung Batu. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar