Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pemprov Ajak Seluruh ASN di Jateng Kurangi Sampah Plastik

Gubernur Ganjar Pranowo mengajak para ASN di Jawa Tengah untuk
ikut mengurangi sampah plastik.
Semarang-Persoalan sampah plastik menjadi masalah bagi setiap negara, tidak terkecuali di Indonesia. Bahkan, Indonesia berada di posisi kedua di dunia sebagai penyumbang sampah plastik. Terutama, yang dibuang di wilayah perairan atau lautan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan upaya mendaur ulang sampah plastik, merupakan langkah jangka pendek. Namun, tidak cukup efektif untuk memusnahkan sampah plastik yang terus menggunung setiap tahunnya.

Menurutnya, harus ada upaya nyata dan kesadaran bersama semua pihak untuk tidak lagi membuang sampah plastik. Karena, sampah plastik butuh ratusan tahun untuk bisa terurai.

Oleh karena itu, jelas Ganjar, para aparatur sipil negara (ASN) di Jateng diharapkan bisa memulai dari dirinya untuk mengurangi sampah plastik. Salah satunya, tidak membiasakan menggunakan sedotan minuman di kantin. Sehingga, di lingkungan tempat tinggalnya juga bisa memberi contoh warga yang lain. 

"Perintah dari dulu sudah pernah. Ini butuh membangun kesadaran untuk semuanya, mau melakukan itu. Ya harus kita kampanyekan bersama-sama gitu. Kita kurangi plastik bareng-bareng, termasuk buang sampahnya ya jangan sembarangan," kata Ganjar belum lama ini.

Lebih lanjut Ganjar juga mengingatkan, para ASN juga bisa menjadi menjadi contoh di lingkungannya untuk tidak membuang sampah plastik sembarangan. Terlebih lagi di musim hujan sekarang ini, tumpukan sampah yang dibuang sembarangan akan menyumbat saluran air dan menyebabkan banjir.

"Contoh di Sawah Besar kemarin itu, bukan tanggul jebol tapi tumpukan sampah yang menyebabkan wilayah sekitar kebanjiran. Isinya sampah macam-macam, ada sampah plastik, kayu dan ada juga kasur," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar