Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2019, Dit Polair Polda Jateng Ajak Masyarakat Bersih Sampah Pantai Cipta

Dirpolair Polda Jateng Kombes Pol Risnanto meminta masyarakat tak
buang sampah plastik sembarangan, terutama di kawasan pantai.
Semarang-Ratusan personel kepolisian dari Direktorat Polisi Air Polda Jawa Tengah bersama 15 elemen masyarakat hingga anak sekolah, bergerak menyusuri Pantai Cipta Semarang Utara, Kamis (21/2). Sambil berjalan kaki dan membawa keranjang, para anggota polisi dan istri Polri serta relawan kebersihan memunguti sampah yang berserakan.

Dirpolair Polda Jateng Kombes Pol Risnanto mengatakan kegiatan resik-resik pantai itu, memang sengaja dilakukan untuk membersihkan pantai dari sampah-sampah yang berserakan. Terutama, untuk menciptakan kawasan pantai yang bersih dari tumpukan sampah.

Menurutnya, dipilihnya Pantai Cipta karena memiliki sampah paling banyak di wilayah Kota Semarang. Terlebih lagi, temuan adanya sampah plastik.

Risnanto menjelaskan, dalam waktu kurang dari satu jam menggelar aksi bersih-bersih sampah di kawasan Pantai Cipta terkumpul sampah berbagai jenis hingga satu truk. Kebanyakan, masih didominasi botol bekas minuman dan bungkus plastik makanan ringan.

"Hari Peduli Sampah Nasional 2019 ini, kita fokuskan di sekitar pantai dan laut di Kota Semarang. Sebab, berdasarkan penilaian dan survei serta penelusuran kami kawasan pantai dan laut menjadi terkotor di wilayah Semarang ini. Kita sekarang ini berada di ujung pantai Desa Bandarharjo, Semarang Utara dan bisa dilihat kalau masih banyak ditemukan sampah terutama sampah plastik," kata Risnanto.

Lebih lanjut Risnanto menjelaskan, tidak hanya menyasar sampah di daratan saja tapi hingga di dalam air. Empat penyelam dari Ditpolair Polda Jateng diturunkan, untuk membersihkan sampah yang berada di dasar pantai.

"Mari bersama-sama kita galakkan kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama sampah plastik," jelasnya.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan merilis data, jika persentase sampah plastik pada 2018 mencapai 15 persen dari total sampah 65,79 juta ton. Sedangkan catatan dari Kementerian Koordinator Kemaritiman, terdapat penambahan sampah mencapai 38 juta ton per tahun dan 1,29 juta ton sampah plastik terbuang ke laut. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar