Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Kunjungan Wisatawan ke Jateng Naik 40 Persen Selama Libur Lebaran

Kadinporapar Jateng Sinoeng Rachmadi menyebutkan selama liburan
Lebaran kemarin jumlah kunjungan wisatawan naik 40 persen.
Semarang-Selama liburan Lebaran kemarin, banyak obyek wisata unggulan di Jawa Tengah yang ramai dikunjungi wisatawan. Terutama, wisatawan domestik yang kebanyakan merupakan pemudik.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Jateng Sinoeng Rahmadi mengatakan banyak destinasi wisata di provinsi ini, yang ramai dipadati pengunjung atau wisatawan saat libur hari raya kemarin. Bahkan, mengalami peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang melebihi target.

Menurutnya, peningkatan kunjungan wisatawan saat Lebaran kemarin mencapai 40 persen dibanding kunjungan saat hari biasa.

Sinoeng menjelaskan, sebelum masuk masa libur Lebaran dirinya sempat memerkirakan jika kenaikan jumlah kunjungan wisatawan Lebaran tahun ini sekira 25 persen. 

"Dari beberapa pantauan yang sudah kita lakukan di kabupaten/kota terutama destinasi unggulan di Jawa Tengah, misal di Solo, Magelang, Banyumas, Wonosobo dan Semarang mengalami peningkatan rata-rata melebihi dari target kami. Padahal, sebelum Lebaran atau pertengahan Ramadan kemarin kami memerkirakan bahwa peningkatan kunjungan wisatawan lokal mencapai 25 persen dibanding hari biasa. Alhamdulillah, data sementara di tempat kami rata-rata di atas 40 persen," kata Sinoeng, Sabtu (15/6).

Lebih lanjut Sinoeng menjelaskan, kenaikan jumlah kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di Jateng itu tidak lepas dari pembangunan infrastruktur. Yakni, akses jalan menuju obyek wisata.

"Selain itu juga, karena adanya perbaikan pelayanan di setiap destinasi wisata yang selalu kita pantau lewat media sosial. Misalnya soal tarif, boleh naik tapi wajar dan tidak sampai membebani wisatawan. Penjual kuliner atau makanan juga tidak lepas dari perhatian kami," jelasnya.

Menurut Sinoeng, kebanyakan wisatawan yang datang itu memilih destinasi wisata alam. Misalnya pegunungan, air terjun, pantai dan lainnya menjadi lokasi favorit.

Namun demikian, jelas Sinoeng, meski mengalami peningkatan jumlah pengunjung selama libur Lebaran, masih ada bahan evaluasi untuk perbaikan ke depannya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar