Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

19 Tanggul Sungai di Jateng Rawan Jebol

Alat berat dikerahkan untuk perbaikan tanggul sungai yang jebol.
Semarang- Wakil Ketua Komisi D DPRD Jawa Tengah Hadi Santoso mengatakan sejumlah wilayah diterjang banjir, akibat jebolnya tanggul sungai. Tanggul sungai yang sudah jebol itu di antaranya di Kabupaten Brebes, Grobogan, Pati dan Demak.

Hadi menjelaskan, cuaca ekstrem diprediksi masih terjadi hingga pertengahan Februari 2020 mendatang. Sehingga, harus ada upaya untuk antisipasi pencegahan terjadi bencana alam. Baik itu tanah longsor.

Pihaknya, lanjut Hadi, sudah melakukan pengecekan ke lapangan di sejumlah wilayah di Jateng dan mendapati ada 19 tanggul sungai di provinsi ini rawan jebol. Meskipun kemudian, beberapa di antaranya sudah jebol sebelum dilakukan perkuatan tanggul.

Menurutnya, salah satu tanggul rawan jebol yang perlu mendapat perhatian ada di Kali Bodri Kabupaten Kendal. Sebab, jika sampai jebol akan berdampak pada 10 ribu kepala keluarga (KK) di sekitarnya.

"Titik merah rawan bencana banjir dan longsor, sangat banyak di Jawa Tengah. Kemarin kita identifikasi, ada 19 sungai yang saat ini ada potensi mengalami kerusakan tanggul. Nah, di tempat-tempat tersebut dilakukan perkuatan dengan pekerjaan-pekerjaan sementara. Apakah itu dengan sand bag, atau bronjong-bronjong yang bisa dikerjakan secara cepat. Kedua, early warning system kepada masyarakat ini perlu disampaikan. Di titik-titik tersebut segera dilakukan apel relawan untuk antisipasi bencana banjir," kata Hadi, kemarin.

Lebih lanjut Hadi menjelaskan, dengan pekerjaan penguatan tanggul-tanggul yang rawan jebol itu akan mencegah terjadinya bencana banjir jika hujan deras dan debit air sungai melimpah. Sehingga, masyarakat yang berada di sekitar sungai bisa terselamatkan dari bencana banjir. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar