Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Tiga Laboratorium Pemeriksaan COVID-19 di Jateng Ditingkatkan Kapasitasnya

    
Petugas kesehatan melakukan tes usap kepada personel    
kepolisian di Kabupaten Pekalongan.

    Semarang-Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan tiga laboratorium yang menangani pemeriksaan COVID-19, terus diperkuat kinerjanya dan ditingkatkan kapasitasnya. Sehingga, mampu memercepat optimalisasi penanganan pasien terpapar virus Korona di Jateng.

    Yulianto menjelaskan, ketiga laboratorium itu adalah Badan Laboratorium Kesehatan di Semarang, laboratorium RSUD dr Moewardi Solo dan laboratorium RSUD Margono Soekarjo di Purwokerto.

    Menurut Yulianto perkuatan dan optimalisasi yang dilakukan adalah penambahan sumber daya manusia, penambahan alat-alat dan kecukupan Reagen. Selain itu, laboratorium milik kabupaten/kota di Jateng juga terus didorong untuk meningkatkan jumlah spesimen.

    "Kami sudah membeli beberapa alat yang kita tempatkan di tiga laboratorium. Jadi, itu untuk memperkuat semua laboratorium yang selama ini sudah ada. Alat-alat sudah ditambah lengkap, SDM kita tambah 35 orang yang kita bagi menjadi tiga laboratorium dan Reagen-Reagen juga sudah kita siapkan. Mulai minggu ini, Jumat-Sabtu-Minggu masing-masing laboratorium kapasitasnya naik sekitar 1.000 pemeriksaan per hari. Minggu depan, jadi 2.000 pemeriksaan per hari," kata Yulianto, kemarin.

    Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, bagi daerah-daerah yang belum optimal melakukan tes usap kepada masyarakat berdasar tracing dari pasien COVID-19 akan terus didorong. Tujuannya, untuk menemukan kontak erat hingga kontak akhir guna memutus penularan virus Korona.

    "Untuk di 35 kabupaten/kota juga kita dorong, agar jumlah spesimen yang diperiksa setiap harinya mencapai angka 8-9 ribu spesimen. Kalau untuk jumlah tes usap yang dilakukan di Jateng, saat ini sudah mencapai 295 ribu tes. Sementara positivity rate atau kasus positif COVID-19, sekitar 10,15 persen," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar