Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Gandeng BUMDes, Ganjar Luncurkan Samsat Budiman

Ganjar Pranowo
Gubernur Jateng

Semarang-Dalam rangka memberikan kemudahan pembayaran pajak bagi masyarakat, Pemprov Jawa Tengah meluncurkan aplikasi Samsat Budiman yang bisa menjangkau wajib pajak di wilayah perdesaan.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan Samsat Budiman atau Badan Usaha Digital Mandiri, merupakan upaya baru yang digagas pemprov untuk memaksimalkan keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai sumber daya pelayanannya. Hal itu dikatakan saat ditemui di kantornya, belum lama ini.

Ganjar menjelaskan, program layanan Samsat Budiman adalah layanan online berbasis website yang memudahkan wajib pajak kendaraan bermotor mendapatkan pelayanan pajak. 
 
Melalui layanan yang dikelola BUMDes, masyarakat yang hendak membayar pajak tidak perlu datang ke kantor samsat dengan jarak lumayan jauh dari rumahnya.

Menurut Ganjar, masyarakat cukup datang ke gerai Samsat Budiman di Kantor BUMDes.

Selain itu, jam buka gerai lebih fleksibel dari pagi hingga malam hari dan membantu masyarakat dalam membayar pajak. 

"Melalui Samsat Budiman bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak. Sebab keberadaannya memberikan kemudahan masyarakat dalam menunaikan kewajiban membayar pajak," kata Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, program tersebut merupakan cara baru sehingga target pendapatan bisa tercapai.

Beberapa BUMDes yang menjadi mitra Samsat Budiman berinovasi untuk memudahkan para wajib pajak.

"Salah satunya memberikan dana talangan kepada pembayar pajak yang sudah jatuh tempo tapi tidak memiliki cukup uang. Dana talangan itu kemudian dicicil oleh wajib pajak," jelasnya.
 
Salah satu Samsat Budiman terbaik pada pelaksanaannya adalah BUMDes di Desa Sikanco, Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap.

BUMDes tersebut sudah melayani pembayaran pajak sejak 15 November 2022 kemarin. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar