Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Hadirkan Balkondes WringinPutih, Pertamina Ingin Berdayakan Warga Desa

Magelang-Sebagai amanah dari Kementerian BUMN, Pertamina memberdayakan salah satu desa binaan lewat balai ekonomi desa (balkondes) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Pertamina menjadikan Desa Wringinputih di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang sebagai balkondes binaan, dengan mengoptimalkan potensi yang ada sebagai daya tariknya.

Senior Supervisor Communication and Relation Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Marthia Mulia Asri mengatakan Balkondes Wringinputih sudah didirikan sejak 2016, dan dilakukan renovasi pada tahun kemarin untuk melakukan perkuatan bangunan. Hal itu dikatakan saat ditemui di Balkondes Wringinputih, kemarin.

Menurut Thia, awalnya balkondes banyak menggunakan material kayu dan batang bambu.

Namun karena faktor cuaca, membuat material tersebut tidak kuat dan banyak dimakan rayap.

Thia menjelaskan, dengan Balkondes Wringinputih itu pihaknya ingin mengembangkan budaya lokal yang ada.

"Ada permainan jemparingan dan beberapa aktivitas yang bisa kami kawinkan untuk mengenalkan wisatawan tentang budaya di Magelang atau khususnya di Borobudur ini. Bahkan, ibu-ibu di sini masakannya apa nanti bisa jadi menu di balkondes," kata Thia.

Sementara Direktur BUMDes Wringinputih sebagai pengelola Balkondes Wringinputih Rizal Arifin menambahkan, kehadiran balkondes menambah daya tarik wisatawan di desanya.

Tidak hanya turis asing, tapi juga wisatawan lokal di sekitar Magelang atau daerah lainnya di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Rizal menyebutkan, ada banyak potensi wisata yang bisa ditawarkan kepada para wisatawan atau tamu menginap di balkondes.

"Kita ada beberapa tur wisata kayak jip dan ada VW tur juga serta sepeda keliling desa. Kita juga memiliki edukasi wisata UMKM, ada juga edukasi gerabah, gamelan dan juga tari," ujar Rizal.

Rizal berharap, banyaknya potensi yang ada itu akan menambah daya tarik bagi wisatawan.

Harapannya, para wisatawan itu bisa menginap hingga tujuh hari penuh di Balkondes Wringinputih. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar