Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Warga Desa Plumbungan Banjarnegara Sekarang Mudah Akses Air Bersih

Ganjar Pranowo
Gubernur Jateng

Semarang-Warga Desa Plumbungan di Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara, sekarang bisa merasa senang karena akses air bersih sudah bisa didapatkan dengan mudah.

Pemprov Jawa Tengah telah membantu dalam pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM). 

Sebelumnya, bertahun-tahun warga harus menempuh jarak cukup jauh untuk mendapatkan air bersih.

Bantuan yang bersumber dari APBD Jateng 2023 senilai Rp350 juta itu, telah mewujudkan impian warga untuk mudah mendapatkan air bersih.

Bahkan, air bersih telah mengalir melalui pipa ke masing-masing rumah warga.

Salah satu warga Desa Plumbungan, Kasinem mengaku senang mendapat bantuan pembangunan SPAM dari pemprov.

Adanya bantuan tersebut, membuatnya mudah mendapatkan air bersih. 

"Ya senang dapat bantuan dari Pak Ganjar. Kalau biasanya harus ambil air pakai timba jaraknya jauh. Sekarang sudah mudah karena dapat bantuan," ucap Kasinem.

Sementara itu Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan, setelah ditemukan sumber mata air selanjutnya pemerintah memberikan bantuan agar warga bisa memanfaatkan dengan baik.

Bantuan di Desa Plumbungan, mampu memenuhi kebutuhan air bersih untuk 80 kepala keluarga. 

"Yang pertama kami cari sumber mata air seperti di desa ini, ternyata jarak 500 meter ada sumber mata air. Sebelumnya, masyarakat ngangsu ambil air di bawah. Dengan ini, harapan kami air bersihnya terjamin dan bisa jauh lebih bagus," kata Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar mengimbau bagi daerah kawasan hutan yang masih terdapat banyak sumber mata air, untuk dapat dikonservasi.

Sehingga sumber mata air tetap terus terjaga. 

"Saya minta dibuatkan peraturan desa, agar bisa dikonservasi," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar