Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Hipertensi Jadi Penyakit Yang Mengancam Warga Perkotaan

Seorang warga sedang memeriksakan tekanan darahnya saat acara
pemeriksaan kesehatan yang diadakan Dinas Kesehatan Jawa Tengah.
Semarang-Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Semarang Lilik Farida mengatakan warga perkotaan dengan kebiasaan yang instan dan terbiasa mengonsumsi makanan cepat saji, paling rentan terkena penyakit hipertensi. Hal itu dipicu karena kebiasaan warga kota dengan pola hidup yang instan dan tidak sehat.

Bila dilihat angka hipertensi di Kota Semarang, jelas Lilik, masih mendomisasi sebagai penyakit tidak menular yang diidap masyarakat perkotaan.

Menurutnya, penyakit hipertensi tidak bisa disembuhkan. Pasien atau orang yang terkena hipertensi, maka harus rutin selalu minum obat.

Lilik menjelaskan, apabila penderita hipertensi tidak berobat dan minum obat secara teratur akan terjadi komplikasi. Sehingga, komplikasi penyakit itu akan membebani biaya perawatannya.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Kota Semarang selalu mengimbau masyarakat untuk menghindari pola atau gaya hidup tidak sehat.

"Hipertensi yang tidak terkendali akan menjadi gagal ginjal. Gagal ginjal, harus cuci darah secara rutin terus menerus. Sehingga, menyebabkan pembiayaan tinggi. Tapi, kalau hipertensi terkontrol dengan baik yang diimbangi konsumsi obat secara teratur dan berperilaku hidup sehat, harapannya komplikasi tidak terjadi," kata Lilik, Senin (24/9).

Lllik lebih lanjut menjelaskan, hipertensi yang tidak terkontrol juga bisa berakibat munculnya penyakit jantung. Akibatnya, produktivitas seseorang menjadi menurun. (K-08) 
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar