Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

DPRD Jateng Sebut Masyarakat Belum Bisa Lepas Dari Stigma Sekolah Favorit

Anggota Komisi E DPRD Jateng Muh Zen saat menjadi pembicara di
acara diskusi "Menuju Pemerataan Pendidikan Berkualitas" di Hotel
Noormans Semarang, Senin (24/6).
Semarang-Hari pertama pengambilan token dan verifikasi berkas pendaftaran sekolah tingkat SMA negeri sudah dimulai, dan beberapa sekolah favorit negeri di Kota Semarang diserbu pendaftar. Sedangkan pendaftaran online untuk pendaftaran peserta didik baru (PPDB) online, akan dilakukan pada 1-5 Juli 2019. Salah satunya terlihat di SMA Negeri 2 Semarang yang ramai didatangi pendaftar, tidak hanya calon siswa tapi juga orang tuanya.

Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah Muh Zen mengatakan pihaknya sudah pernah memanggil dan beraudiensi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, terkait dengan pelaksanaan PPDB online 2019 tingkat SMA. 

Menurutnya, yang terjadi sekarang ini karena ada kekhawatiran dari masyarakat terutama para orang tua calon siswa tidak mendapatkan sekolah favorit. Padahal, saat ini penerapannya adalah berdasarkan zonasi untuk pemerataan peserta didik dan kualitas pendidikannya.

Zen menjelaskan, kekhawatiran orang tua calon siswa ini masih mengacu pada stigma sekolah favorit selama ini.  

"Saya melihat ada kekhawatiran saja dari beberapa masyarakat, terkait dengan sistem PPDB terbaru ini. Dan harapan kami, kekhawatiran masyarakat yang seperti ini tidak sampai mengganggu proses PPDB yang sebetulnya tersosialisasi sudah cukup lama. Ini kan efek dari media sosial yang selama ini kadang-kadang membuat situasi kurang tenang. Akhirnya, kekhawatiran itu menurut saya tidak beralasan," kata Zen di sebuah diskusi mengenai "Menuju Pemerataan Kualitas Pendidikan" di Hotel Noormans Semarang, Senin (24/6).

Lebih lanjut Zen menjelaskan, para orang tua atau calon siswa bisa memilih jalur pendaftaran yang diinginkan ke sekolah-sekolah negeri. Baik menggunakan jalur zonasi, jalur berprestasi maupun jalur kepindahan orang tua.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Jumeri menambahkan, memang banyak informasi tidak bertanggung jawab yang menyebutkan siapa tercepat mendaftar akan diterima ke sekolah negeri untuk jenjang SMA. 

"Jadi, tidak perlu resah dan datang ke sekolah dini hari karena ingin cepat. Ini masih verifikasi berkas sampai 28 Juni, dan pendaftarannya itu 1-5 Juli," ucap Jumeri.

Sementara itu, jelas Jumeri, untuk kelancaran PPDB online tingkat SMA/SMK negeri, pihaknya menggandeng Telkom guna menyiapkan aplikasi dan jaringan yang memadai. Setidaknya ada 114 server dengan 536 CPU sebagai pengolah data, dan kapasitas jaringan 3G untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat pendaftaran online. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar