Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Lebaran, Ingat Pola Makan Tetap Harus Dijaga

Yulianto Prabowo
Kepala Dinas Kesehatan Jateng
Semarang-Lebaran telah tiba dan kewajiban puasa juga telah usai, namun bukan berarti semua makanan bisa disantap dengan santai tanpa memerhatikan kondisi tubuh dan kesehatan. Bukannya merayakan Lebaran, salah-salah bisa terbaring di tempat tidur karena kebanyakan makanan yang bersantan dan pedas.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan pada hari raya, masyarakat cenderung mengonsumsi makanan yang kaya santan dan minuman manis. Bahkan, tidak jarang tanpa memerhatikan komposisi makan secara berlebihan.

Menurutnya, kondisi tubuh perlu beradaptasi ketika usai menjalankan puasa sebulan lamanya. Terutama, sistem metabolisme tubuh makan dan minum yang semula tidak dilakukan di siang hari pada bulan Ramadan.

Yulianto menjelaskan, jika tidak memerhatikan pola makan, maka akan mengalami masalah kesehatan. Misalnya diare, kolesterol dan asam urat serta gula darah tinggi.

"Makanya hati-hati, ada perubahan-perubahan pola makan biasanya. Tadinya tidak banyak santan, terus banyak mengonsumsi makanan yang bersantan berpotensi intoleransi usus dan jadinya diare. Kemudian juga minum atau makan yang gulanya tinggi, harus hati-hati yang gula darahnya sudah tinggi. Ini harus diwaspadai," kata Yulianto, Selasa (4/6).

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, pemicu penyakit tersebut yang berasal dari hidangan Lebaran harus dikontrol pola makannya. Apabila kondisi tubuh memang kurang memungkinkan, bisa disiasati dengan makan secukupnya saja.

"Jadi, jangan lengah saat merayakan Lebaran nanti. Waspadai gangguan kesehatan pascaLebaran," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar