|

Ganjar: Masyarakat Bisa Mengungsi Jika Merapi Kembali Meletus

Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah
Semarang-Gunung Merapi meletus dan mengakibatkan kolom letusan setinggi 1.000 meter dari puncak, Minggu (17/11) kemarin. Dua desa dikabarkan terdampak hujan abu tipis, akibat dari letusan Gunung Merapi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan waspada, serta mematuhi instruksi dari pemerintah daerah setempat dan personel di lapangan. Selain itu, para relawan pengurangan risiko bencana yang ada di sekitar Merapi juga diminta untuk melakukan sosialisasi soal jalur evakuasi.

Ganjar menjelaskan, masyarakat di sekitar Gunung Merapi harus diedukasi mengenai pengurangan risiko bencana. Sehingga, jika nanti kondisi kedaruratan di sekitar Merapi meningkat bisa melakukan penyelamatan.

"Kepada masyarakat, ikuti apa yang diperintahkan pemerintah setempat. BPBD sudah kita minta untuk siaga. Sebenarnya, beberapa yang lalu sudah dipantau pergerakannya. Mudah-mudahan seperti biasa, kawan-kawan dari pengurangan risiko bencana di sana segera bergerak untuk menberikan sosialisasi penanganan. Jika nanti kondisi meningkat, segera mengungsi," kata Ganjar, kemarin.

Sementara, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebut, letusan Gunung Merapi terjadi Minggu (17/11) kemarin pukul 10.46 WIB. Letusan Merapi tercatat di Seismogram dengan amplitudo maksimal 77 milimeter, dan durasi selama 155 detik. 

Asap kolom letusan Merapi berwarna kelabu itu, mengarah ke barat. Sedangkan dua desa terdampak hujan abu tipis, yaitu Desa Sumber dan Keningar, di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Diketahui, status Gunung Merapi sampai saat ini berada di Level II atau Waspada. Merapi beberapa kali meletus dan mengeluarkan asap tebal, dan pada 14 Oktober 2019 kemarin kolom asap setinggi 3.000 meter dari puncak. (K-08)

Posted by kilas9.com on Senin, November 18, 2019. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Ganjar: Masyarakat Bisa Mengungsi Jika Merapi Kembali Meletus"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added