Sabtu, 02 Februari 2019

Hino Optimistis 2019 Masih Jadi Mitra Bisnis Konsumen

Produk Hino, Hino New Dutro, merupakan salah satu dari tulang pung-
pung penjualan Hino sepanjang 2018 kemarin.
Semarang-Pada 2018 kemarin, berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), selama periode Januari-Desember 2018, Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menjual 40.072 unit. Jumlah itu melebihi dari target yang telah ditetapkan, yakni sebesar sebesar 40 ribu unit. Selain itu, hasil penjualan tahun 2018 juga meningkat bila dibanding 2017 yang hanya 30.007 unit atau naik 34 persen.

Presiden Direktur HMSI Hiroo Kayanoki mengatakan kategori medium duty truck, memberi kontribus penjualan sebanyak 23.901 unit atau 60 persen dari total penjualan Hino selama setahun. Penjualan medium duty truck naik 43 persen, jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 16.768 unit. 

Menurutnya, segmen truk 6x4 untuk bisnis konstruksi dan pertambangan menjadi sektor yang dominan. Hal ini terlihat pada tipe yang paling banyak dijual selama 2018, yakni Hino New Generation Ranger FM 260 JD dengan total penjualan 7.836 unit atau 33 persen dari porsi penjualan di segmen medium duty truck. 

Hiroo menjelaskan, untuk kategori light duty truck, penjualannya mencapai 15.969 unit atau meningkat 23 persen jika dibandingkan dengan penjualan tahun sebelumnya. Penjualan Hino New Dutro selama setahun ini, banyak ditopang dari sektor kargo atau logistik dan konstruksi.

"Tahun 2018 merupakan tahun yang luar biasa, di mana kita bisa melebihi target yang ditetapkan di awal. Penjualan Hino terus tumbuh, dan banyak membantu bisnis pengusaha di Indonesia. Untuk itu, kami senang dengan hasil yang dicapai dan ini menjadi bukti bahwa masyarakat semakin yakin akan ketangguhan dan kekuatan truk Hino dalam memberikan keuntungan yang maksimal dalam bisnis mereka," kata Hiroo dikutip dari rilis.

Lebih lanjut Hiroo menjelaskan, penjualan positif juga dirasakan pasar bus di Indonesia. Selama 2018 kemarin, Hino bus mampu terjual 1.387 unit dengan tipe Hino Bus R260 menjadi yang terlaris penjualannya. Yakni sebanyak 1.194 unit.

Bus bermesin belakang ini, lanjut Hiroo, memang menjadi andalan bagi para pengusaha otobus. Mesin yang bandel dengan tenaga yang mumpuni, membuat bus ini memberikan keuntungan yang maksimal bagi para PO. Baik itu pariwisata maupun transportasi antarpropinsi dan kota.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak, terutama masyarakat dan konsumen yang terus loyal menggunakan kendaraan Hino sebagai armada pilihan usahanya. Untuk itu, ke depan kami akan terus meningkatkan layanan agar bisnis konsumen semakin maju. Dan Hino menjadi mitra bisnis sejati bagi konsumen," pungkasnya. (K-08)

Bersama Wali Kota, Driver GOJEK Nobar Film Keluarga Cemara

Wali Kota Hendrar Prihadi di tengah mitra GOJEK sebelum nobar film
"Keluarga Cemara", baru-baru ini.

Semarang-Dalam rangka memererat tali silaturahim antara GOJEK, Pemkot Semarang, mitra driver GOJEK dan masyarakat Kota Semarang, GOJEK dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengajak ratusan mitra driver dan keluarga serta puluhan anak yatim piatu nonton bareng film "Keluarga Cemara" di salah satu bioskop di Kota Semarang, baru-baru ini. 

Vice President Regional Public Policy and Government Relations GOJEK Damar Juniarto mengatakan kegiatan nonton bareng film "Keluarga Cemara" yang diadakan di Semarang ini, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan serupa di kota-kota lain di Indonesia. Di antaranya Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, dan Solo.

Menurutnya, GOJEK sebagai salah satu sponsor dari film yang legendaris pada 1990-an itu turut berperan. Sebab, karakter Abah digambarkan sebagai mitra driver GOJEK. Di samping itu karakter Abah digambarkan sebagai sosok ayah yang berjuang dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya.

"Kami senang bisa berkesempatan untuk berkumpul bersama dengan para mitra driver dan keluarganya, dalam menikmati hiburan di sela mencari order. Film Keluarga Cemara kami pilih, karena selain bisa menghadirkan unsur nostalgia, film ini juga bisa menjadi pengingat akan pentingnya arti keluarga. Tidak heran, film ini mendapat respon yang sangat positif dari para penonton di seluruh Indonesia," kata Damar dikutip dari rilis.

Wali Kota Hendrar Prihadi menyatakan, kegiatan nonton bareng ini menjadi momentum yang tepat untuk saling bersilaturahim. Sebab, film "Keluarga Cemara" mengajarkan tidak pernah lupa untuk berkumpul dengan orang-orang yang disayangi meskipun selalu disibukkan dengan pekerjaan.

"Saya senang hari ini bisa berada di tengah rekan-rekan mitra driver GOJEK dan anak-anak dari panti asuhan
 Semoga, kegiatan ini bisa semakin mendekatkan Pemerintah Kota Semarang dengan mitra driver GOJEK Semarang dan anak-anak yatim piatu," ucap Hendi.

Sementara itu, salah satu mitra driver GOJEK, Abdhu Azis, mengaku senang bisa ikut nonton bareng film "Keluarga Cemara". Ia juga mengajak istri dan anaknya, untuk  menikmati film yang sedang diputar di bioskop itu.

"Saya ingin mengajar pada keluarga saya, agar menghargai sosok ayah dan bagaimana seorang ayah berjuang mencari nafkah untuk keluarga dengan penuh kerja keras dan suka duka. Serta, bagaimana peran dukungan dan keharmonisan keluarga menjadi penyemangat seorang ayah," ucap Abdhu. (K-08)

Jasa Marga Semarang Sediakan Jalur Khusus Untuk Top Up Saldo e-Toll

Jasa Marga Cabang Semarang menyediakan jalur khusus gardu untuk
pengisian atau top up saldo e-toll, salah satunya ada di GT Manyaran.
Semarang-Guna memudahkan para pengguna jalan tol bertransaksi nontunai di jalan tol dalam Kota Semarang, Jasa Marga Cabang Semarang membuatkan jalur khusus untuk pengisian saldo atau top up e-toll. 

Plt Deputy GM Operation Jasa Marga Cabang Semarang Agus Susilo mengatakan pihaknya memanfaatkan gardu di gerbang tol yang sudah tidak terpakai, untuk dijadikan gardu khusus pengisian saldo e-toll. Sehingga, para pengguna yang akan bepergiaan melalui jalan tol tidak perlu khawatir saldo e-tollnya kurang atau habis.

Menurutnya, jalur khusus untuk pengisian saldo e-toll diletakkan di tiga tempat yang berdekatan dengan gerbang tol.

Agus menjelaskan, pengguna jalan tol dari arah Kaligawe misalnya bisa mengambil jalur paling kiri apabila akan melakukan pengisian saldo e-toll. Yakni di Gerbang Tol Muktiharjo. 
"Kita pasang di tiga lokasi drive thru top up etoll. Ada di Gerbang Manyaran arah Krapyak, Gerbang Muktiharjo arah Krapyak dan Gerbang Tembalang arah Srondol. Nah, mekanismenya pengguna jalan silakan top up dan bisa dengan uang tunai. Nanti ada petuga yang jaga dan siap melayani," kata Agus, Sabtu (2/2).

Lebih lanjut Agus menjelaskan, waktu pelayanan di gardu pengisian saldo e-toll itu setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 22.00.

"Dengan drive thru ini, pengguna tidak perlu turun dari kendaraannya, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas di jalan tol," jelasnya.

Agus menjelaskan, dengan penyediaan jalur khusus gardu pengisian e-toll tersebut, maka pengguna tidak akan kesulitan dalam bertransaksi nontunai di jalan tol. Sebab, saat melakukan perjalanan jauh di jalan tol, saldo e-toll yang dimiliki selalu tersedia. (K-08)

KPU Jateng Pantau Perakitan Kotak Suara di KPU Kabupaten/Kota Hingga Akhir Februari

Komisioner KPU Jateng Ikhwanudin (tengah) menjelaskan tahapan
perakitan kotak suara Pemilu 2019 yang dimulai diawal Februari.
Semarang-Seluruh logistik untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang tahun pengadaannya dilakukan pada 2018, semua sudah diterima masing-masing KPU kabupaten/kota di Jawa Tengah. Termasuk, kotak suara yang terbuat dari karton duplex. Saat ini, tahapan di KPU adalah perakitan kotak suara berbahan duplex tersebut.

Komisoner KPU Jateng Ikhwanudin mengatakan untuk saat ini, tahapan di seluruh kabupaten/kota adalah perakitan kotak suara. Sebelumnya, kotak suara yang sudah diterima itu belum boleh dilakukan pembongkaran.

Menurutnya, karena surat edaran dari KPU RI sudah turun, maka seluruh kabupaten/kota diperintahkan untuk melakukan perakitan kotak suara.

"Jadi, Februari ini adalah tahapan perakitan kotak suara. Karena kotak suara sudah kita terima 100 persen di Jawa Tengah, sekarang ada surat edaran dari KPU RI. Jadi, KPU di kabupaten/kota sudah bisa mulai merakit kotak suara di bulan Februari ini. Target kita 28 Februari semua sudah selesai," kata Ikhwanudin, Jumat (1/2).

Ikhwanudin lebih lanjut menjelaskan, apabila seluruh kotak suara sudah dirakit, maka disimpan di gudang bersama logistik lain yang sudah didistribusikan sebelumnya kecuali surat suara dan dokumen lainnya. Karena, surat suara saat ini sedang dalam proses pencetakan.

"Seluruh logistik disimpan di gudang milik KPU atau sewa gudang. Nah, tata kelola gudangnya kita kerja sama dengan Bulog yang memang ahlinya soal pergudangan. Jadi, logistik sebelum disimpan di gudang ada proses fumigasi untuk mencegah hama," jelasnya.

Sementara itu, lanjut Ikhwanudin, terkait dengan pendistribusian surat suara dari KPU RI, yang saat ini sudah mendapatkan jatah adalah KPU Kota Tegal. Sedangkan KPU kabupaten/kota lainnya akan dikirimkan secara bertahap, sesuai dengan arahan dari KPU RI.

"Targetnya, semua surat suara sudah diterima KPU kabupaten/kota 30 hari sebelum hari H. Sehingga, pada 17 Maret nanti bisa dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara," pungkasnya. (K-08)