Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Merapi Erupsi, Boyolali Hujan Abu

Wilayah Boyolali mengalami hujan abu karena erupsi Merapi,
Selasa (3/3) pagi. Foto: ISTIMEWA
Semarang-Kepala Pelaksana Harian BPBD Jawa Tengah Sudaryanto mengatakan lima desa yang berada di sekitar Gunung Merapi mengalami dampak dari erupsi, Selasa (3/3) pagi. Hujan abu menimpa lima desa di wilayah Boyolali, dan sisanya ada di Klaten serta Kartasura.

Sudaryanto menjelaskan, Gunung Merapi mengalami erupsi dengan amplitudo 75 milimeter dan durasi 450 detik. Sedang tinggi kolom erupsi, kurang lebih enam ribu meter dari puncak dengan guguran awan panas mengarah ke hulu Sungai Gendol berjarak dua kilometer.

"Yang penting aman semua. Merapi pagi tadi erupsi, dan abunya enam ribu meter tingginya. Abunya sudah sampai Kartasura dan Delanggu. Jadi, yang penting bencana tidak bisa dihindari tapi bagaimana kita bisa menyelamatkan diri," kata Sudaryanto.

Petugas BPBD Boyolali membagikan masker
ke warga yang terdampak hujan abu Merapi.
Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan, tiga kabupaten yang wilayahnya paling dekat dengan Merapi masih terkendali. Yang saat ini dibutuhkan warga adalah pasokan masker, untuk menghindari dampak buruk dari hujan abu.

"Yang di wilayah Boyolali sudah dilaporkan ada pembagian masker, karena memang cukup tebal abunya. Kalau hari ini, sebenarnya masker yang paling utama. Jadi, tadi pagi sudah dibagikan ke lima desa yang terdampak didroping maskernya. Dari BPBD ada lima ribu masker, dari Dinas Kesehatan ada tiga ribu masker dan totalnya delapan ribu masker," ucap Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, saat ini seluruh personel BPBD bersama seluruh perangkat desa dibantu tim SAR dan petugas TNI/Polri siap siaga di wilayah terdekat Merapi. Personel rumah sakit dan puskesmas terdekat, juga diminta siaga untuk memberikan bantuan penanganan medis jika diperlukan. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar