Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Gus Mus Ikut Meriahkan Pangung Kahanan

Walau tampil dalam bentuk rekaman video, namun penampilan Gus
Mus tetap hangat di Panggung Kahanan, kemarin.
Semarang-KH Musthofa Bisri atau biasa dikenal Gus Mus, membacakan karya sastranya melalui siaran streaming di Panggung Kahanan. Gus Mus membacakan puisi "Aku Merindukanmu O Muhammadku", dan cerita pendek berjudul "Wabah".

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Praowo mengatakan dirinya memang sengaja mengajak Gus Mus, untuk tampil di Panggung Kahanan. Rencananya Gus Mus akan hadir langsung, namun karena acara ditampilkan di media sosial maka cukup dilakukan di rumah saja.

"Maka saya sampaikan direkam saja. Alhamdulilah, yang semula Gus Mus tampil satu puisi, tadi tampil ditambahi cerpen yang sangat bagus," kata Ganjar, kemarin.

Tidak hanya Gus Mus yang tampil di Panggung Kahanan, tetapi juga para penari sufi.

Pengasuh Ponpes Al Islah Meteseh Semarang Kiai Budi Harjono menyatakan, tari sufi merupakan perpaduan kasidah dengan tarian sufi. Tarian itu juga ditujukan sebagai bentuk munajat kecintaan, di tengah pandemi. 

"Kami melangitkan doa-doa dan berdzikir Huwallah Huwallah. Ketika tari sufi ini diputarkan, mengisyaratkan kepasrahan. Dan kepasrahan itulah kekuatannya terletak di Allah," ujar Kiai Budi.

Lebih lanjut Kiai Budi menjelaskan, kepasrahan bukan sebuah fatalistik atau sebuah sikap yang menempatkan manusia sepenuhnya sebagai agen pasif. Karena dalam paham itu, manusia sama sekali tidak memiliki daya untuk membuat pilihan dan melakukan ikhtiar. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar