Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Gus Yasin: Ponpes di Jateng Buat Satgas Jaga Santri Untuk Cegah Korona

Wagub Taj Yasin (kanan) saat menerima kunjungan dari pengurus pon
pes di Kudus, belum lama ini.
Semarang-Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin meminta kepada seluruh pondok pesantren (ponpes) di provinsi ini, untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) Jaga Santri. Peran dari Satgas Jaga Santri ini mirip dengan konsep Jogo Tonggo, yang telah dicanangkan sejak pandemi merebak. 

Gus Yasin menjelaskan, Satgas Jaga Santri ini untuk menegakkan protokol kesehatan di lingkungan ponpes dan juga penanganan ketahanan ekonomi di lingkungan pondok. Satgas Jaga Santri bisa bekerja sama dengan puskesmas setempat hingga gugus tugas terdekat, jika ada santri yang memiliki gejala terinfeksi virus Korona.

"Ada kita istilahkan Jaga Santri, kalau di Jawa Tengah Jogo Tonggo. Jaga Santri ini artinya apa? Pondok pesantren harus membikin satgas penanganan COVID-19 yang di-link-kan dengan Jogo Tonggo di desa masing-masing, sehingga koordinasi itu akan lebih cepat. Dari segi kesehatannya, dan dari sektor ekonominya. Karena bukan tidak mungkin, pondok pesantren juga akan mengalami dampak ekonomi," kata Gus Yasin, Rabu (17/6).

Gus Yasin lebih lanjut menjelaskan, karena beberapa ponpes di Jateng ada yang sudah membuka aktivitasnya kembali maka harus diterapkan skenario protokol kesehatan. Di antaranya pembagian jam belajar santri dengan sistem shift, jika tidak semua santri menetap di pondok. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar