Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Kuota Formasi 11.648 Lowongan Siap Diperebutkan CASN

Wisnu Zaroh
Kepala BKD Jateng
    Semarang-Kepala BKD Jawa Tengah Wisnu Zaroh mengatakan pihaknya menyiapkan kuota calon aparatur sipil negara (CASN) sebanyak 11.648 orang pada tahun ini, dan rencana jadwal pembukaan pendaftaran akan dilakukan Juni 2021. Pernyataan itu dikatakannya saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

    Wisnu menjelaskan, 11.648 formasi yang dibuka rinciannya adalah ASN 301 orang dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 11.347 orang. Paling banyak formasi yang dibuka adalah formasi tenaga kependidikan untuk PPPK sebanyak 10.819 orang, dan disusul tenaga kesehatan 525 orang. 

    Menurutnya, Pemprov Jateng sebelumnya sempat mengajukan usulan ke pemerintah pusat kuota CPNS sebanyak 525 formasi dan PPPK tenaga kependidikan sebanyak 13.872 formasi.

    "Sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh menPAN, memang ke depan ASN kita itu perbandingannya antara PPPK dengan CPNS adalah 70:30. Artinya, 70 persen PPPK dan 30 persen untuk PNS. Artinya, ke depan semua nanti kebanyakan untuk tenaga teknis maupun kesehatan dan pendidikan akan lebih banyak menggunakan metode PPPK tidak lagi CPNS. Arahnya ke depan semacam itu," kata Wisnu.

    Lebih lanjut Wisnu menjelaskan, pendaftaran CASN rencananya akan dilakukan pada Juni dan pemberkasan dilakukan pada Desember 2021 mendatang. Sedangkan pengangkatan atau pelantikan, akan dilakukan pada Januari 2022 mendatang. Sementara seleksi CASN 2021 nanti rencananya akan dipusatkan di Universitas Negeri Semarang (Unnes), menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT).

    "Untuk materi seleksi khusus PPPK tidak ada seleksi kompetensi dasar, tetapi menggunakan seleksi kompetensi bidang. Kami titip pesan kepada masyarakat, agar cerdas dan tidak mudah percaya pada oknum yang menjanjikan bisa meloloskan diterima sebagai CASN," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar