Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Tekan Biaya Produksi, Perajin Ukiran Jepara Pakai EBT

Gubernur Ganjar Pranowo melihat proses produksi
perajin ukiran kayu di Jepara yang menggunakan EBT.
Semarang-Perajin ukiran di Kabupaten Jepara memanfaatkan energi alternatif, guna menekan biaya produksi yang dikeluarkan. Yakni, menggunakan tenaga surya dan menggantikan pasokan listrik dari PLN.

Salah satu perajin ukiran di Desa Senenan di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara Purwanto mengatakan ada tujuh pengusaha ukir kayu, yang memanfaatkan energi baru terbarukan (EBT) menggunakan tenaga surya. Tujuannya, untuk menekan biaya produksi dan meningkatkan produktivitas kerja. Hal itu dikatakan saat ditemui di tempat kerjanya, baru-baru ini. 

Purwanto menjelaskan, EBT tenaga surya itu merupakan bantuan dari Pemprov Jawa Tengah bagi Koperasi Industri dan Kerajinan di Desa Senenan. Dari PLTS rooftop yang terpasang dan telah digunakan itu, mampu menghemat pemakaian energi listrik dari PLN sebesar 60 persen.

Menurutnya, bantuan panel surya itu mampu menghasilkan daya listrik sebesar 20,4 kWp.

"Bisa membantu mengurangi pembayaran listrik. Kalau masih mengandalkan listrik dari PLN, biasanya per bulannya itu sampai Rp1 juta. Setelah pakai tenaga alternatif ini, ya bayar ke listrik ke PLN hanya Rp100 ribu kalau pas hujan kan kita baru pakai listrik PLN," kata Purwanto.

Lebih lanjut Purwanto menjelaskan, penggunaan listrik dari panel surya itu dilakukan saat siang hari. Sedangkan ketika hari hujan, maka penggunaan listrik beralih ke PLN.

"Kalau kemarin pas sering hujan, masih sering pakai listrik PLN. Sekarang hujannya sudah tidak pernah, jadi bisa lebih maksimal pakai tenaga surya," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar