Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Aan Raup Cuan Lewat Kerajinan Artifisial

Aan Supatmo bersama istri membawa bunga tiruan
atau artifisial buatannya.
Semarang-Pemilik Giant Flower Indonesia Aan Supatmo warga Desa Sidoagung di Kecamatan Sruweng mengatakan usahanya digeluti berawal dari keisengan membuat bunga tiruan atau artifisial, pasangan suami istri dari Kebumen bisa meraup untung ratusan ribu hingga juta rupiah tiap bulannya. Usaha itu mulai digeluti sejak pandemi, hanya berdasarkan melihat dari sosial media.

Dirinya bersama istri menggeluti kerajinan bunga artifisial, khusus bunga dekorasi rumah dan dekorasi pengantin. Ternyata, produk buatannya itu mampu diterima masyarakat. Hal itu dikatakan saat ditemui di rumahnya, baru-baru ini.

Aan menjelaskan, dari usaha kerajinan bunga tiruan itu ternyata mampu berkembang dan bisa menyediakan lapangan pekerjaan bagi tetangga sekitarnya. Saat ini, sudah ada enam orang yang bekerja di tempatnya.

Menurut Aan, tidak jarang jika pesanan datang cukup banyak dirinya melibatkan ibu-ibu tetangga sekitar untuk membantu.

"Pemasaran kami selama ini hanya area Jawa Tengah, pada awal berusaha. Sekarang sudah bisa ke luar Jawa Tengah bahkan luar Jawa, dan Alhamdulillah sudah bisa ke luar negeri. Kami sempat mengirim ke Hong Kong, itu kerja sama dengan tenaga kerja yang ada di sana. Pada saat memulai usaha ini karena iseng, dan belajar dari sosial media. Awalnya semua kami kerjakan sendiri, saya bersama istri. Setelah banyak permintaan, baru kami libatkan ibu-ibu sekitar rumah," kata Aan.

Lebih lanjut Aan menjelaskan, produknya dibuat mulai dari kerajinan bunga spon api atau eva foam. Kemudian dibuat menjadi bunga dekorasi rumah maupun dekorasi pengantin, hingga bunga tiruan menggunakan bahan kain organza. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar