Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Kemkominfo Terus Tingkatkan Literasi Digital Tangkal Konten Hoax

Semarang-Terus munculnya fenomena penyebaran konten berita hoax,menunjukkan masih rendahnya literasi digital di masyarakat melalui internet.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkomiinfo) terus menggerakkan aksi-aksi, untuk memerangi konten negatif di media sosial (medsos). Salah satunya, dengan menggiatkan literasi digital kepada para mahasiswa atau generasi milenial memerangi hoax dan cyberbullying.

Direktur Ekosistem Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kemkominfo Danny Januar mengatakan menggerakkan masyarakat untuk melek internet dan meningkatkan literasi digitalnya, bukan hal yang mudah dilakukan. Sehingga, pihaknya terus menggandeng komunitas dan penggiat internet untuk bisa meningkatkan literasi masyarakat, agar peduli dan tidak ikut menyebarkan konten-konten berisi hoax.

Menurutnya, gerakan literasi digital melibatkan kerja sama semua pihak. Bahkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga ikut menggalakkan literasi digital secara benar dan bermartabat.

"Literasi digital memang itu merupakan program Kemkominfo. Dimaksudkan, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana penggunaan internet secara baik, bagaimana menangkal konten-konten negatif," kata Danny.

Lebih lanjut Danny menjelaskan, fokus gerakan literasi digital tidak sekadar penguasaan teknologi kepada masyarakat saja tetapi juga etika penggunaannya.

"Dalam pelaksanaanny, perlu mendapat perhatian dari seluruh elemen masyarakat. Prinsipnya, etika tentang penggunaan media sosial harus disadarkan," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar