Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Tol Trans Jawa Beroperasi Penuh, Jasa Marga Beri Diskon Tarif 15 Persen Selama 2 Bulan

Ruas jalan tol Semarang-Batang yang jadi bagian dari tol Tran Jawa.
Semarang-Mulai 21 Januari 2019, tol Trans Jawa sudah beroperasi penuh menyusul dibukanya ruas tol Trans Jawa di Jawa Timur.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya sudah memberlakukan tarif baru untuk tol Trans Jawa, terutama untuk tiga ruas tol yang menjadi bagian jaringan jalan tol Trans Jawa di wilayah Jawa Timur dan perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur. 

Menurutnya, tarif terjauh jalan tol Trans Jawa untuk golongan satu jika dari Jakarta ke Semarang sebesar Rp334.500. Apabila dari Merak hingga Surabaya (Kejapanan Utama), tarifnya sebesar Rp660.500. Sedangkan tarif termahal, jika perjalanan dari Merak-Jakarta (JORR-Jakarta-Cikampek) menuju Pasuruan (Grati) sebesar Rp775.500.

Basuki menjelaskan, besaran tarif yang sudah ditetapkan itu mulai efektif berlaku pada 21 Januari 2019 pukul 00.00 WIB. Pihaknya juga membagi beberapa ruas jalan tol Trans Jawa dalam klaster wilayah pengoperasian, dengan tujuan untuk menjaga kenyamanan, keamanan dan keselamatan bagi pengguna jalan. Yakni Klaster I meliputi Jakarta-Cikampek dan Cikampek-Palimanan, Klaster II meliputi Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang. 

Sedangkan Klaster III meliputi Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto dan Mojokerto-Surabaya, dan Klaster IV adalah Surabaya-Gempol Segmen Porong-Gempol, Gempol-Pandaan dan Gempol-Pasuruan.

Diskon Tarif 15 Persen
Pgs. General Manager Jasa Marga Cabang Surabaya Gempol Bagus Cahya menambahkan sebagai bentuk upaya peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan tol Trans Jawa, pemerintah akan memberikan diskon tarif sebesar 15 persen selama dua bulan. Diskon tarif tol diberikan kepada pengguna jalan tol jarak terjauh dalam satu klaster di Klaster II, klaster III dan Klaster IV (barrier to barrier). Diskon tarif itu sudah diatur Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Klaster II, jelas Bagus, dimulai dari Gerbang Tol Palimanan dan keluar di Gerbang Tol Kali Kangkung Semarang atau sebaliknya. Sementara itu Klaster III, berlaku dari Gerbang Tol Banyumanik Semarang dan keluar di Gerbang Tol Warugunung Surabaya atau sebaliknya. Dan terakhir, Klaster IV berlaku di Gerbang Tol Kejapanan Utama Surabaya dan keluar di Gerbang Tol Grati atau sebaliknya. 

"Diskon 15 persen diberikan BUJT kepada pengguna jalan tol dengan jarak terjauh, karena kami memprioritaskan konektivitas yang tercipta antarsatu daerah dengan daerah lainnya," jelasnya.

Bagus meminta pengguna jalan tol yang akan berkendara dari arah timur ataupun barat Pulau Jawa, diimbau selalu mengecek kecukupan saldo sebelum melakukan perjalanan. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar