Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

TNI/Polri Beri Pengamanan Prioritas di Sejumlah Gereja di Solo Raya

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel (kiri) bersama dengan
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochammad Effendi melakukan
pemantauan pengamanan
Surakarta-Wilayah Solo Raya mendapat perhatian pengamanan dari jajaran Polda Jawa Tengah, bersama Kodam IV/Diponegoro pada saat perayaan Natal 2019. Bahkan, sejumlah gereja di Solo Raya juga telah dipetakan dengan memertebal perkuatan personel pengamanan.

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan pihaknya bersama Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, melakukan pemantauan di lapangan sebelum dimulai misa Natal. Tujuannya, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para jemaat sebelum menjalankan ibadah Natal.

Menurutnya, beberapa gereja di wilayah Solo Raya memang menjadi prioritas pengamanan karena memiliki jemaat yang cukup banyak dan jadwal misa padat. Di antaranya adalah Gereja Santo Antonius Purbayan, dan Gereja Paroko Santa Perawan Maria Regina Purbowardayan.

Kapolda menjelaskan, jajaran dari Polresta Surakarta dengan dibantu Korem 074 Warastratama sudah siap memberikan pengamanan dan dibantu elemen masyarakat serta instansi terkait.

"Beberapa hal yang menjadi penekanan kita adalah terhadap pengamanan gereja-gereja prioritas, ada 171 gereja yang kita amankan. Terdiri dari enam gereja prioritas satu, 22 gereja prioritas dua dan 133 gereja prioritas tiga. Kami memberikan prioritas pengetatan, dengan menyiapkan para penembak jitu di beberapa gereja prioritas untuk melakukan tindakan tegas yang terukur," kata kapolda, kemarin.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi menambahkan, jajarannya dari unsur Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Angkatan Udara siap mendukung tugas dari jajaran kepolisian dalam pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Bahkan, jelas pangdam, personel TNI yang terlibat di pospam pengamanan ada satu satuan setingkat kompi (SSK) atau sebanyak 100 personel. Termasuk, di masing-masing kodim juga disiapkan satu satuan setingkat peleton (SSP) dan dua SSK dari Batalyon 408. 

"Pada prinsipnya, kami dari jajaran TNI siap memback up Polda Jawa Tengah. Bahwa jajaran kami yang ada di Solo Raya sudah siap. Kami menyiapkan masing-masing kodim di wilayah Solo Raya, ada satu SSP dan dua SSK on call," ujar pangdam.

Pangdam berharap, perayaan Natal maupun menyambut Tahun Baru di wilayah Jateng bisa berjalan aman dan lancar. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar