Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar: Masyarakat Harus Patuh Imbauan Jaga Jarak Untuk Putus Penularan Korona

Gubernur Ganjar Pranowo saat memantau posko terpadu COVID-19 di
kantor Dinkes Jateng.
Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pihaknya akan melaksanakan instruksi dari pemerintah pusat, terkait dengan pembatasan sosial berskala besar dalam menekan penularan virus Korona. Bahkan, pemprov akan ikut mengambil tindakan jika penetapan status darurat sipil menjadi opsi terakhir.

Ganjar menjelaskan, yang perlu dilakukan masyarakat adalah mematuhi imbauan dari pemerintah untuk jaga jarak dan tetap di rumah.

"Kalau kemudian itu akan dilakukan (darurat sipil), maka komandonya di gubernur. Dengan komando di gubernur, maka bisa membuat satu protokol-protokol yang bisa ditaati tentu saja dengan berbagai pertimbangan. Pak presiden kemarin mengarahkan ada pertimbangan sosial iya, pertimbangan ekonomi juga iya. Maka, sumber daya kita minta untuk dihitung. Kami sudah komunikasi dengan bupati/wali kota, coba mulai dihitung sumber daya yang ada di desa/kelurahan hingga kecamatan," kata Ganjar, Selasa (31/3).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, untuk pembatasan sosial berskala besar sebenarnya sudah dilakukan di Jateng. Yakni, dengan model isolasi di tingkat desa dan menggerakkan Satpol PP/Linmas bekerja sama dengan TNI/Polri.

Ganjar Minta Masyarakat Terus Pantau Data COVID-19 di Situs Resmi

Sementara, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan menghindari berita bohong atau hoax diminta memantau situs corona.jatengprov.go.id yang dimiliki Pemprov Jateng. 

Ganjar menyebut, dengan data yang bisa dipantau per kelurahan atau desa itu maka masyarakat bisa mengetahui dan tidak perlu panik. Di dalam situs corona.jatengprov.go.id yang terus dilakukan perbaruan setiap saat itu, masyarakat bisa memantau setiap perkembangan dari penyebaran virus Korona di Jateng. 

"Ada juga aplikasi baru dari situs itu, yang bisa digunakan masyarakat untuk mendeteksi persebaran virus Korona di sekitarnya. Masyarakat bisa melihat, apakah di daerahnya ada yang positif atau pasien dalam pengawasan (PDP) serta orang dalam pemantauan (ODP). Pemantauan bisa dicek dalam radius 500 meter hingga tiga kilometer," jelasnya.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, di dalam situs dijelaskan tentang zona merah, kuning dan hijau.

"Yang hijau kita amankan, yang merah kita urus. Sehingga, semua paham bahwa daerah ini hijau dan mari kita protect bersama-sama. Kalau daerah yang sudah merah itu ya kita dorong masyarakatnya, jangan ngeyel dan tetap di rumah," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar