Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Data Trafik XL Naik 32 Persen Selama Lebaran di Jateng

Plt Chief Teknologi Officer XL Axiata I Gede Darmayusa (kiri) melihat
kondisi peningkatan penggunaan data di sejumlah wilayah.
Semarang-Selama perayaan Lebaran kemarin, XL Axiata mencatat terjadi kenaikan trafik penggunaan layanan data sebesar 32 persen dibanding hari-hari normal sebelum masa pandemi. Sementara, layanan SMS dan percakapan mengalami penurunan 15 persen dan lima persen dibanding hari normal sebelum wabah COVID-19.

Pelaksana tugas Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan pola konsumsi layanan telekomunikasi dan data selama Lebaran tahun ini, tidak terlepas dari situasi dan kondisi terkait keberadaan COVID-19. Sehingga, membuat masyarakat lebih banyak berada di rumah.

Darmayusa menjelaskan, karena pemerintah juga melarang perjalanan mudik juga berdampak pada kebiasaan masyarakat mengisi masa libur Lebaran. Sehingga, masyarakat menyesuaikan diri dengan kondisi yang normal baru di tengah libur Lebaran.

"Tidak mengherankan, jika trafik layanan penggunaan data meningkat untuk berbagai jenis layanan. Ada empat jenis layanan data yang mengalami kenaikan trafik paling tinggi, selama periode Lebaran dibanding periode hari normal sebelum pandemi COVID-19. Di antaranya layanan layanan instant messaging 32 persen, layanan video call dan sejenisnya meningkat sebesar 26 persen dan social network service 22 persen dan layanan streaming sebesar 14 persen," kata Darmayusa dikutip dari rilis.

Lebih lanjut Darmayusa menjelaskan, penggunaan layanan video call mengalami kenaikan karena masyarakat banyak memanfaatkan untuk bersilaturahim sebagai pengganti tidak bisa mudik. 

"Kenaikan trafik kini tidak lagi di lokasi wisata atau pusat keramaian yang menjadi langganan masyarakat dalam mengisi liburan Lebaran, tetapi lebih banyak dari areal permukiman. Kenaikan trafik dari areal permukiman ini cukup signifikan, yaitu antara 12-30 persen," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar