Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Waspadai DB Saat Musim Pancaroba

Kadinkes Jateng Yulianto Prabowo meminta masyarakat untuk 
mewaspadai penyakit demam berdarah saat musim pancaroba.

            Semarang-Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo meminta masyarakat untuk tidak melupakan penyakit endemis saat musim pancaroba, sehingga meskipun saat ini sedang berjuang melawan COVID-19 tetapi tidak meremehkan penyakit endemis.

            Yulianto menjelaskan, sejumlah penyakit yang biasanya muncul pada masa pancaroba adalah demam berdarah. Bahkan, sejumlah wilayah di Jateng terdapat kasus demam berdarah dan harus diantisipasi bersama di samping pencegahan COVID-19.

        Menurutnya, memasuki musim pancaroba ini masyarakat harus waspada dan menerapkan gerakan 3M. Yakni menutup tempat penampungan air, mengubur barang bekas dan membersihkan lingkungan yang bisa menjadi tempat nyamuk bertelur.

            "Seperti kita ketahui, bahwa setiap pancaroba, itu terjadi perubahan pengaruh kesehatan lingkungan. Penyakit-penyakit yang dipengaruhi kesehatan lingkungan itu antara lain adalah demam berdarah, ini yang harus kita waspadai demam berdarah ini. Jangan sampai kita sedang sibuk menangani COVID-19, tapi di sini karena kita terbebani penyakit endemis kita ini perlu waspada betul," kata Yulianto, Senin (12/10).

            Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, masa pandemi yang mengharuskan masyarakat mematuhi protokol kesehatan juga harus bisa dibarengi dengan antisipasi penyebaran demam berdarah. Sehingga, jika kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan meningkat akan memberikan nilai tambah bagi pencegahan demam berdarah di musim pancaroba.

        "Pemberantasan sarang nyamuk juga harus ditingkatkan pada musim pancaroba sekarang ini, termasuk menggiatkan kembali peran juru pemantau jentik di rumah-rumah warga," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar