Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ram Check Angkutan Umum Dilakukan Untuk Cegah Kecelakaan Saat Libur Akhir Tahun

Satriyo Hidayat
Kepala Dishub Jateng
    Semarang-Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah Satriyo Hidayat mengatakan guna mengantisipasi terjadi kecelakaan lalu lintas, pihaknya menggelar ram check kepada seluruh armada angkutan umum. Baik angkutan umum trayek biasa, maupun angkutan pariwisata.

    Satriyo menjelaskan, ada 3.200an armada angkutan pariwisata yang akan melayani mobilitas masyarakat saat libur perayaan Natal maupun Tahun Baru. Angkutan pariwisata itu banyak dipesan, untuk mengantarkan kunjungan wisata antarkota maupun antarprovinsi.

    Sejak sepekan kemarin, Dinas sudah menggelar ram check di terminal maupun pool bus pariwisata di Jateng. Tujuannya, untuk memastikan armada itu aman saat digunakan untuk melayani masyarakat.

    Menurutnya, pada saat dilakukan ram check masih ditemukan armada angkutan umum yang tidak layak jalan. Mulai dari kondisi ban yang sudah aus, maupun pengereman sudah tidak baik.

    "Ram check kita lakukan mulai di terminal atau di pool kendaraan angkutan wisata. Selalu ada temuan, karena nganggur lama kan. Makanya yang boleh operasi yang sehat, tetapi kan kan selalu waspada karena ini masuk musim hujan. Dan angkutan wisata itu kan tidak punya trayek, terus sopirnya bisa lelah dan armadanya juga bisa lelah, sehingga kita lakukan ram check di beberapa titik. Jadi, selain di pool kendaraan pariwisata juga di tempat obyek wisata," kata Satriyo, Selasa (22/12).

    Satriyo lebih lanjut menjelaskan, pihaknya juga terus memberikan edukasi kepada para sopir bus untuk memastikan kendaraannya layak jalan. Sebab, kebanyakan kasus kecelakaan lalu lintas terjadi karena sopir tidak memahami kondisi kendaraannya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar