Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pengembangan Borobudur Harus Libatkan Seniman

Gubernur Ganjar Pranowo bertemu Tanto Mendut membahas 
tentang pengembangan kawasan Candi Borobudur.
    Semarang-Tanto Mendut, seniman yang ada di sekitar kawasan Candi Borobudur meminta pemerintah, agar melibatkan para seniman dalam pengembangan kawasan wisata tersebut. Pernyataan itu dikatakan saat bertemu Gubernur Ganjar Pranowo, baru-baru ini.

    Tanto Mendut menjelaskan, dirinya sebagai seorang seniman mengaku mendukung jika kawasan Borobudur ditetapkan sebagai destinasi super prioritas nasional. Sebab, Candi Borobudur memiliki banyak nilai-nilai yang bisa dikembangkan.

    Menurut Tanto, Tidak hanya dari nilai arsitekturnya tetapi juga habitatnya dan sebagainya.

    "Kalau melihat Borobudur dari pandangan saya, itu sesuatu yang kontras kan. Jadi ini tuntutan dari era Pak Karno sampai Pak Jokowi. Borobudur itu menjadi magnet kuat, itu kontras. Saya kira Borobudur itu ada mutiara atau heritage. Tapi harus diterjemahkan bukan hanya persoalan heritage saja," kata Tanto.

    Lebih lanjut Tanto juga meminta pemerintah, agar tidak melupakan sesuatu dalam pengembangan kawasan Candi Borobudur. Yakni, Borobudur sebagai karya seni. Oleh karena itu, pengembangan Borobudur harus merangkul seniman dan juga budayawan sekitarnya.

    "Candi Borobudur merupakan pusaka yang mengajarkan tentang teknologi, arsitektur, pengobatan dan seni budaya. Jadi, benar-benar menggerakkan seniman untuk mengisi ruang-ruang itu," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar