Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Banjir Rob di Kota Semarang Diperparah Karena Ada Tanggul Jebol

Petugas membantu evakuasi karyawan yang ter-
jebak banjir rob di kawasan Pelabuhan Tanjung
Emas Semarang.
Semarang-Kepala BMKG Meteorologi Maritim Klas II Semarang Retno Widyaningsih mengatakan Kota Semarang terdampak cukup parah dari banjir rob, karena adanya tanggul yang jebol tidak kuat menahan gelombang tinggi. Sedangkan beberapa wilayah lainnya, hanya mengalami air pasang dalam batas normal. Pernyataan itu dikatakan saat dihubungi lewat sambungan telepon, Selasa (24/5).

Retno menjelaskan, berdasarkan data yang diperoleh menyebutkan dari wilayah Kabupaten Brebes sampai Rembang semua terdampak banjir rob dan air pasang. Namun, yang paling parah berada di Kota Semarang dan untuk di Kota Pekalongan serta Kabupaten Kendal dan Demak tidak terlalu parah.

Menurut Retno, fenomena banjir rob yang terjadi di wilayah Kabupaten Brebes sampai Rembang itu juga dipicu jarak antara bumi dan bulan cukup dekat. Sehingga, gravitasi dari bulan memengaruhi permukaan air laut dan terjadi pasang. Selain itu, mendekati akhir bulan Syawal juga biasanya diikuti dengan air pasang yang tinggi.

"Pada fase tanggal 19-25 Mei, itu adalah fase pasang tertinggi. Pasang itu perkiraannya 1,1 meter, tapi pada waktu yang bersamaan di pesisir utara Jawa Tengah itu terindikasi gelombang dengan ketinggian sedang antara 1,25 sampai dengan 2,5 meter. Kami sudah mengeluarkan peringatan dini, baik berupa banjir pesisir maupun banjir rob. Untuk banjir pesisir berlaku sampai hari ini, dan untuk gelombang tinggi peringatan dini sampai besok," kata Retno.

Lebih lanjut Retno menjelaskan, banjir pesisir dan gelombang tinggi masih terjadi sampai 25 Mei 2022 tetapi tidak bisa diperkiraan dampaknya. Sebab, banjir rob yang terjadi di Kota Semarang juga dipicu karena jebolnya tanggul di wilayah Kelurahan Tambak Mulyo di wilayah kawasan Lamicitra. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar