Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar: Ratusan Ribu UMKM Jateng Dibina Melalui Pelatihan Leveling

Gubernur Ganjar Pranowo saat menghadiri puncak Hari
UMKM Nasional 2023 di Solo.

Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan sudah ada ratusan ribu pelaku UMKM di provinsi ini, yang dibina hingga berhasil naik kelas. Hal itu dikatakan saat menghadiri puncak Hari UMKM Nasional 2023 di Pamedan Mangkunegaran Solo, Sabtu (12/8) malam. 

Ganjar menjelaskan, pemprov telah berhasil membina 183.181 pelaku UMKM dengan memfasilitasinya melalui pelatihan leveling yang diselenggarakan Balai Latihan Koperasi (Balatkop) UKM Jateng

Dalam sepuluh tahun, UMKM binaan pemprov telah menghasilkan nilai transaksi sebesar Rp38,9 triliun dan omset Rp68,7 triliun serta menyerap 1.337.156 tenaga kerja. 

Menurut Ganjar, pelaku UMKM dilatih agar mampu mengikuti perkembangan usaha dan perekonomian saat ini sehingga lebih efektif dan dapat bersaing di dunia usaha.  

"Pelatihan manajemen berjenjang yang kita lakukan sampai dengan pelatihan tiga level. Ada lima macam pelatihan dan levelnya tiga. Jadi kalau lulus satu, maka baru boleh naik ke dua. Kalau satu tidak lulus, maka tidak boleh. Itu artinya tidak naik kelas," kata Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, terdapat tiga materi utama pada tiga level pelatihan tersebut.

Level pertama membahas Manajemen Pemasaran, materi kedua mengenai Operasional dan SDM dan ketiga menekankan materi mengenai Usaha dan Keuangan. 

"Masing-masing materi di setiap pelatihan leveling diikuti sebanyak lima angkatan yang dibagi ke dalam tiga level. Setiap angkatan terdiri dari 25 peserta, dan pelatihan digelar selama empat hingga lima hari di berbagai kota atau kabupaten," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar