Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Penyuluh Agama Digandeng Untuk Turunkan Angka Stunting

Ganjar Pranowo
Gubernur Jateng

Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta para penyuluh agama, untuk ikut berkontribusi dalam penurunan angka stunting di provinsi ini. Hal itu disampaikan saat hadir di Rapat Kerja Jajaran Kanwil Kementerian Agama Jateng 2023, baru-baru ini.

Ganjar menjelaskan, dalam upaya penurunan angka stunting itu maka peran jajaran Kanwil Kemenag Jateng menjadi ujung tombak.

Yakni melalui penyuluh sampai di tingkat desa, bahkan rukun tetangga (RT).

Menurut Ganjar, penyuluh agama dapat menjadi pendorong untuk program Jo Kawin Bocah. 

"Kalau itu bisa mendorong program Jo Kawin Bocah untuk bisa menahan agar anak-anak kita tidak menikah dini, menurut saya hebat. Ini biasanya korbannya perempuan. Maka, penyuluh agama menjadi sangat penting. Ternyata Kemenag bisa punya peran besar sekali pada penurunan angka stunting," kata Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, angka stunting di Jateng turun drastis hingga 51 persen dalam kurun empat tahun.
 
Berdasarkan perhitungan elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (ePPGBM) pada 2018, tingkat stunting di Jateng berada di angka 24,4 persen dan setahun kemudian pada 2019 turun menjadi 18,3 persen.
 
Persentase tersebut terus menurun seiring berjalannya waktu.

Pada 2020 kasus stunting turun menjadi 14,5 persen, kemudian pada 2021 turun menjadi 12,8 persen dan terakhir pada 2022 di angka 11,9 persen. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar