Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar Wujudkan Pola Hidup Sehat Bagi Masyarakat

Ganjar Pranowo
Gubernur Jateng

Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus memercepat terwujudnya desa Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan, dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Hal itu dikatakan saat kunjungan kerja ke Kabupaten Banjarnegara, baru-baru ini.

Ganjar menjelaskan, melalui program septic tank mini sederhana ekonomis higienis aman tertib atau disingkat Seni Sehat tersebut menjadi jurus ampuh untuk mengubah pola hidup sehat masyarakat.

Selain dapat diterapkan di lahan sempit, air yang keluar dari septic tank juga dapat diproses menjadi air jernih sehingga aman bagi lingkungan.

Menurut Ganjar, septic tank juga tidak perlu dilakukan pengurasan.

"Teknologi Seni Sehat merupakan inovasi dari pemenang kompetisi Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Jawa Tengah 2020. Saat ini, Seni Sehat telah diterapkan di Kabupaten Cilacap, Banyumas, Demak dan Magelang," kata Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, untuk di Kabupaten Banjarnegara terdapat 15 unit Seni Sehat.

Yakni di Desa Dawuhan ada 11 unit, dan empat unit di Desa Giritirta Kecamatan Wanayasa. 

"Jadi masyarakat yang sekarang ini masih banyak buang air besar di empang sekarang mulai pelan-pelan kami geser bisa buang air di jamban. Ada tradisi warga buang air besar di empang, karena ada ikannya," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar