Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Cegah Konten Hoax Saat Pemilu 2024, Indosat Gelar Save Our Socmed

AVP-Head of Digital Communications Indosat Ooredoo
Hutchison Almansyah Auriyanto saat menjelaskan efek
dari ujaran kebencian.
Semarang-Dalam rangka mencegah meluasnya konten bernada atau bernarasi hoax maupun ujaran kebencian, Indosat Ooredoo Hutchison bersama Narasi menggelar Festival Film Pendek bertema "Anti Hate Speech: Bicara Baik di Digital, Hindari Emosi Tanpa Substansi".

Festival film pendek itu bisa diikuti seluruh kalangan, dengan hadiah menarik senilai Rp500 juta.

AVP-Head of Digital Communications Indosat Ooredoo Hutchison Almansyah Auriyanto mengatakan festival film pendek yang digelar itu, bertujuan untuk membangun kesadaran dan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk bijak berkreasi di media sosial (medsos). Hal itu dikatakan saat ditemui di kantornya, Selasa (7/11).

Aan menjelaskan, Indosat mengampanyekan berbicara positif di medsos.

Karena, 60 persen pengguna atau pelanggan Indosat aktif di medsos.

Menurut Aan, dengan adanya medsos sekarang ini mudah sekali ditemukan informasi yang menjurus pada konten hoax atau ujaran kebencian.

Oleh karena itu, lewat kampanye yang didengungkan melalui festival film pendek itu diharapkan bisa mencegah adanya konten hoax atau ujaran kebencian di medsos.

"Dengan festival film pendek ini menjadi tontonan yang menarik. Itulah alasan kenapa kita bikin film pendek, supaya orang bisa langsung dapat pesan utamanya dari menit pertama," kata Aan.

Sementara itu Group Account Manager Narasi Ghinar Panigoro menambahkan, masyarakat modern sekarang ini mudah mendapatkan informasi dari konten medsos.

Kebanyakan yang mudah diakses masyarakat adalah konten berbentuk video.

Menurut Ghinar, derasnya samudera informasi yang masuk diakui benar-benar sulit untuk dibendung.

"Dampaknya, kecenderungannya itu bisa lebih positif atau bahkan negatif. Sebenarnya apa yang bisa kita lakukan untuk menangkal isu ini. Ada banyak sekali cara untuk melakukan kebaikan dan menghasilkan dampak positif," ujar Ghinar.

Lebih lanjut Ghinar menjelaskan, salah satu yang bisa dilakukan untuk menyebarkan hal positif melalui kegiatan dari Indosat.

Yakni pembuatan film pendek yang bercerita tentang sosmed, bertema pencegahan konten hoax atau ujaran kebencian. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar