Rabu, 29 November 2017

Tahun Depan, Dishub Kembali Berlakukan Sistem Satu Arah Tahap Dua

Semarang, Sistem Satu Arah (SSA) yang diterapkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang sepanjang tahun ini, sedang dalam tahapan pengkajian dan evaluasi. Karena, sistem yang diberlakukan itu pada dasarnya untuk memerlancar arus lalu lintas dan memecah kemacetan.

Jalan searah yang sudah diterapkan Dishub adalah Jalan MH. Thamrin, Jalan Gajah Mada, Jalan Ahmad Dahlan. Kemudian di Jalan Menteri Supeno, Jalan Veteran, Jalan Dokter Kariadi dan Jalan Bojong Salaman serta Jalan Simongan dan Jalan Basudewa.

Jalan lain yang sudah dilakukan satu arah, yakni di Jalan Imam Bonjol, Jalan Pier Tendean dan Jalan Pemuda dari Mal Paragon ke Tugu Muda. 

Kepala Dishub Kota Semarang Muhammad Khadik mengatakan SSA tahap pertama yang sudah dilakukan itu, saat ini terus dilakukan kajian dan evaluasi. Karena, dengan penerapan sistem baru di tahap awal terjadi ketidaktahuan masyarakat dan memunculkan pelanggaran. Sehingga, pihaknya selama masa transisi melakukan penjagaan dan sosialisasi kepada masyarakat pengguna jalan.

Menurutnya, upaya untuk mengurai dan mengatasi kemacetan masih terus dilakukan. Sehingga, di tahun depan akan dipilih lagi ruas jalan yang akan lakukan rekayasa lalu lintas. Misalnya, dengan menerapkan satu arah.

"Kita sudah menerapkan SSA yang tahap pertama. SSA ini pada prinsipnya adalah bagaimana mengatur kanalisasi, sehingga arus lalu lintas ini bisa mengalir dengan lancar. Masih ada tahap-tahap berikutnya, dan sekarang kkita sedang membuat kajian tahap kedua. Insyaallah tahun depan," kata Khadik.

Lebih lanjut Khadik menjelaskan, untuk mengatasi persoalan kemacetan di sejumlah jalan di Kota Semarang perlu ada edukasi kepada masyarakat untuk beralih ke angkutan masal. Sebab, Pemkot Semarang sudah menyediakan sejumlah shelter dan armada Bus Rapid Transit (BRT) untuk melayani warga kota. (K-08)

Bawaslu RI Potret Kerawanan Pemilu di 171 Daerah se-Indonesia

Semarang, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan mengatakan jajarannya meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) untuk Pilkada 2018.

Menurutnya, IKP merupakan upaya untuk melakukan pemetaan potensi pelanggaran dalam pilkada di 171 daerah se-Indonesia.

Abhan menjelaskan, IKP yang diluncurkan di Jakarta itu merupakan persiapan Bawaslu menjelang Pilkada Serentak 2018 mendatang. Sehingga, pihaknya sejak dini sudah bisa melakukan pemetaan dan deteksi dini terhadap potensi pelanggaran serta kerawanan pemilu.

Dalam menyusun IKP, jelas Abhan, pihaknya menggunakan tiga aspek utama sebagai alat ukur yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu demokratis, berkualitas dan bermartabat. Ketiga aspek itu adalah penyelenggara, kontestasi dan partisipasi.

"Di 171 wilayah di Indonesia yang melakukan pilkada pada 2018, sudah kita potret potensi pelanggarannya. Di Jateng termasuk yang mana, rendah, sedang atau tinggi," kata Abhan.

Lebih lanjut mantan Bawaslu Jateng itu menjelaskan, dengan adanya IKP tersebut maka penyelenggara bisa mengidentifikasi ciri karakteristik kerawanan wilayah. Sehingga, bisa digunakan sebagai referensi untuk melakukan pemetaan.

Diketahui, Bawaslu menyusun IKP sejak pemilihan legislatif (Pileg) 2014. (K-08)

Wonogiri Ditetapkan Status Darurat Bencana

Petugas BPBD Klaten mengevakuasi warga yang rumahnya ter-
endam banjir. 
Semarang, Pergerakan badai siklon tropis Cempaka yang menerjang sebagian wilayah Pulau Jawa, memicu hujan deras dan banjir besar. Wilayah di Jawa Tengah yang terdampak, berada di wilayah Solo Raya dan terparah di wilayah Kabupaten Wonogiri.

Akibat dari perputaran badai siklon tropis Cempaka tersebut, anak sungai Bengawan Solo meluap dan menggenangi permukiman warga sekitar.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah Sarwa Pramana mengatakan di Kabupaten Wonogiri, setidaknya ada 18 kecamatan yang terendam banjir. Ketinggian air bervariasi.

Menurutnya, personel dari BPBD kabupaten dan provinsi langsung bertindak cepat ketika bencana banjir melanda. Warga yang rumahnya terdampak, langsung dievakuasi ke daerah aman. Setidaknya, ada kurang lebih 500-an warga yang terpaksa diungsikan karena rumahnya terendam banjir.

Sebagai upaya penanganan berikutnya, jelas Sarwa, delapan dapur umum didirikan di sejumlah lokasi yang berdekatan dengan tempat pengungsian warga. Logistik berupa beras dan bahan makanan serta selimut, sudah dikirimkan ke warga Wonogiri, Surakarta dan juga Sukoharjo yang wilayahnya ikut terendam banjir.

"Tadi pagi sudah dirapatkan dengan dipimpin bapak bupati, dan mau dikeluarkan status darurat sama pemulihan cepat. Saat ini juga dilakukan pembersihan," kata Sarwa ketika dihubungi melalui telepon, Rabu (29/11).

Sementara itu, Kabupaten Klaten juga dilaporkan terdampak badai siklon tropis Cempak, Rabu (29/11). Setidakny, ada enam kecamatan terendam banjir dan ratusan hektare areal persawahan terendam akibat luapan anak Sungai Dengkeng. Bupati Klaten Sri Mulyani, akan mencairkan anggaran sebesar Rp500 juta untuk penanganan banjir.

Diketahui, terbentuknya bibit siklon tropis Cempaka kali pertama dilaporkan Pusat Peringatan Dini Siklon Tropis BMKG, pada Senin (27/11) kemarin. Siklon itu terbentuk di perairan pesisir selatan Jawa Tengah, pada koordinat 8,6 Lintang Selatan dan 110,8 Bujur Timur atau sekira 100 kilometer selatan tenggara Cilacap. 

Kemunculan siklon tropis Cempaka, menyebabkan perubahan pola cuaca di sekitar lintasannya. (K-08)

Sssttt...Hendi Siapkan Bonus Bagi PSIS

Wali Kota Hendrar Prihadi akan memberikan bonus untuk
PSIS Semarang, yang berhasil masuk Liga 1.
Semarang, Tim sepak bola kebanggaan Kota Semarang, PSIS, berhasil merebut posisi ketiga dan melaju ke Liga 1 setelah mengalahkan Martapura FC, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Selasa (28/11) sore kemarin.

Atas prestasi yang ditorehkan tim besutan Subangkit itu, Pemerintah Kota Semarang akan menyiapkan penyambutan istimewa di perbatasan Kabupaten Kendal dan Kota Semarang, Kamis (30/11) besok. Lokasi penjemputan berada di kompleks Terminal Mangkang.

Wali Kota Hendrar Prihadi mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pengurus Besar Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Tengah, untuk melakukan penjemputan terhadap punggawa-punggawa PSIS.

Rencananya, penjemputan tim PSIS akan membawa bus wisata tingkat milik Dinas Perhubungan dan 10 mobil jeep bak terbuka serta motor besar. Seluruh pemain dan official PSIS, akan diarak mulai dari Terminal Mangkang hingga sampai ke balai kota.

Menurut Hendi, torehan prestasi yang diukir PSIS merupakan penantian selama delapan tahun lamanya. Terlebih lagi, juara ketiga di Liga 2 yang dilalui kemarin berlangsung cukup dramatis. Sehingga, Pemkot Semarang akan memberikan bonus istimewa kepada PSIS.

"Tadi pagi saya sudah koordinasi dengan temen-temen PNS dan pengusaha di Semarang. Rencananya, mereka juga akan ikut menjemput. Paling tidak, ya besok adalah bonus buat temen-temen PSIS. Berapa, ya tunggu besok," kata Hendi.

Terkait dengan dukungan pemkot terhadap perjuangan PSIS Semarang di Liga 1, jelas Hendi, tidak bisa maksimal layaknya tahun-tahun lalu. Sebab, PSIS sekarang sudah berbadan hukum menjadi perseroan terbatas (PT). Sehingga, tidak bisa mendapatkan bantuan hibah dari pemerintah daerah.

"Tapi kita akan bantu sesuai dengan ketentuan regulasi. Bisa saja, kita pinjam pakai bus untuk transportasi PSIS. Itu semua, disesuaikan dengan kemampuan dan ketentuan yang ada," tandasnya. (K-08)

Dorr...Sindikat Perampok Toko Emas Lintas Provinsi Ditangkap

Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono menunjukkan barang bukti
berupa senjata api rakitan yang digunakan untuk melakukan aksi
kejahatan para pelaku, di Mapolda, Rabu (29/11).
Semarang, Jajaran Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Jawa Tengah, menangkap tujuh orang sindikat pencurian toko emas lintas provinsi. Ketujuh pelaku diamankan di sejumlah tempat di Kota Semarang, yakni di Jalan MT. Haryono, Jalan Raya Wali Songo dan di perbatasan Kota Semarang dengan Kabupaten Kendal.

Polisi menangkap ketujuh pelaku pencurian dengan kekerasan itu, karena melakukan serangkaian pencurian dengan sasaran toko emas. Di wilayah Jawa Tengah, pelaku beraksi di toko emas di daerah Kabupaten Sragen. Sedangkan aksi serupa juga dilakukan di wilayah hukum Polda Jawa Timur dan Jawa Barat.

Dalam setiap aksinya, para pelaku selalu membawa senjata api rakitan untuk menakut-nakuti korbannya. Aksi terakhir pelaku berada di Toko Emas "Entung" Sragen pada akhir Oktober 2017, dan barang-barang hasil kejahatannya dijual di daerah Banyuwangi.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Condro Kirono mengatakan saat beraksi di Sragen, para pelaku menggasak perhiasan emas seberat kurang lebih 1.297 gram atau senilai Rp376 juta.

Menurut kapolda, para pelaku saat ditangkap di tempat berbeda itu sempat melakukan perlawanan, sehingga petugas terpaksa mengambil tindakan tegas.

Kepada petugas, jelas Condro, para pelaku mengakui aksi pencurian toko emas di wilayah Jawa Timur dan Jawa Barat serta Jawa Tengah.

"Modusnya, pelaku dengan senjata api mengancam para korbannya, dan kemudian mengambil perhiasan di etalase. Petugas saat melakukan penangkapan terhadap otak sindikat mendapat perlawanan, sehingga petugas terpaksa mengeluarkan tembakan," kata kapolda saat gelar perkara di Mapolda, Rabu (29/11).

Salah satu pelaku berinisial AW, mengaku jika dirinya mendapat peran sebagai joki.

"Saya cuma nunggu di sepeda motor, yang lain masuk beraksi. Setiap beraksi, saya diberi jatah Rp18 juta," ujarnya.

Selain mengamankan para pelaku, lanjut Condro, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti. Yakni tiga pucuk senjata api rakitan beserta magazennya, 46 butir amunisi dan ratusan perhiasan emas hasil kejahatan. 

Guna memertanggungjawabkan perbuatannya, para pelaku bakal dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara. (K-08)

Hore...Tarif Promo KA Wijaya Kusuma Selama Libur Natal dan Tahun Baru Diperpanjang

Purwokerto, Menyambut libur Hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto memperpanjang masa promosi tarif Kereta Api Wijaya Kusuma.

Manager Humas Daop 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko mengatakan sebenarnya, tarif promosi untuk Kereta Api Wijaya Kusuma sudah berakhir pada 26 Desember 2017. Namun, karena melihat animo masyarakat yang cukup besar terhadap moda angkutan tersebut dan untuk melayani penumpang selama masa libur Natal dan Tahun Baru, pihaknya melakukan perpanjangan masa promosi.

Perpanjangan masa promosi tarif Kereta Api Wijaya Kusuma itu, jelas Ixfan, dimulai pada 27 Desember 2017 dan berakhir pada 31 Januari 2018 mendatang.

Menurutnya, rencana perpanjangan tarif promosi juga untuk mengenalkan Kereta Api Wijaya Kusuma yang baru beroperasi sekira tiga bulan tersebut. Selama beroperasi, rerata okupansinya per hari mencapai 60 persen.

"Kami lakukan perpanjangan masa tarif promosi khusus untuk KA Wijaya Kusuma. Ini juga untuk menambah pelayanan kami kepada pelanggan KAI," kata Ixfan.

Lebih lanjut Ixfan menjelaskan, untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna Kereta Api Wijaya Kusuma selama masa libur Natal dan Tahun Baru, pihaknya memaksimalkan rangkaian kereta. Termasuk, perawatan kepada kereta api agar tetap handal selama penggunaan.

"Pelayanan pembelian tiket bisa dilakukan 30 hari sebelum keberangkatan, dan bisa dilakukan di web resmi KAI, KAI accces serta chanel resmi KAI. Khusus pembelian menggunakan aplikasi KAI access, boarding bisa dilakukan dengan sistem elektronik atau disebut e-boarding," jelasnya. 


Ixfan menjelaskan, tarif promosi yang berlaku adalah lintas Cilacap-Yogyakarta dengan jarak 0 kilometer sampai 174 kilometer dengan tarif Rp50 ribu. Sedangkan jarak jauh, lintas Cilacap-Solo lebih dari 174 kilometer dengan tarif Rp70 ribu.

Sementara, untuk lintas Kutoarjo-Yogyakarta/Lempuyangan (Rp25 ribu). Lintas Kroya-Cilacap (Rp20 ribu) dan lintas Yogyakarta/Lempuyangan-Purwosari/Solo (Rp40 ribu). (K-08)