Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Lur, Cek NIK Dulu Sebelum Beli Elpiji Subsidi

Penyaluran elpiji subsidi melalui agen penyaluran
resmi Pertamina.

Semarang-Per 1 Juli 2023, Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah melakukan pencocokan data secara bertahap dan berkala.

Pencocokan data itu dilakukan di seluruh pangkalan resmi Pertamina Patra Niaga, di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Saat ini, Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah menjalankan pencocokan data elpiji tiga kilogram gelombang terakhir di wilayah Jateng-DIY.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan pihaknya kembali melanjutkan program pendataan dan pencocokan data konsumen elpiji tiga kilogram, serta pencatatan transaksi elpiji tiga kilogram gelombang terakhir di wilayah Jateng-DIY. Hal itu disampaikan melalui siaran pers secara daring, Jumat (30/6).

Menurut Brasto, mulai Juli 2023 akan dilaksanakan pendataan dan pencocokan di sejumlah tempat di wilayah Jateng-DIY.

Untuk di wilayah DIY dilakukan di Kabupaten Bantul, dan Sleman. Sedangkan wilayah Jateng dilakukan di Kabupaten Banyumas, Brebes, Demak, Grobogan, Klaten, Pati, Pemalang dan Kabupaten Semarang.

Brasto menjelaskan, kebijakan tersebut untuk mendukung dan menindaklanjuti Keputusan Menteri ESDM No. 37. 37.K/MG.05/MEM.M/2023 tanggal 27 Februari 2023 tentang Petunjuk Teknis Pendistribusian Isi Ulang LPG Tertentu Tepat Sasaran.

Selain itu juga berdasar Keputusan Dirjen Migas Nomor 99.K/MG.05/DJM/2023 tanggal 28 Februari 2023 tentang Penahapan Wilayah dan Waktu Pelaksanaan Pendistribusian Isi Ulang LPG Tertentu Tepat Sasaran.

"Pendataan dan pencocokan data tersebut sudah diimplementasikan secara bertahap di seluruh kota dan kabupaten di Jawa Tengah dan DIY sejak April 2023. Kecuali 10 kabupaten di Jawa Tengah dan DIY tersebut akan dimulai per Juli 2023," kata Brasto.

Lebih lanjut Brasto menjelaskan, tujuan dilaksanakan program tersebut untuk penyaluran elpiji tiga kilogram yang lebih transparan dan tepat sasaran.

Pencocokan data digital akan membantu pencatatan di pangkalan, sehingga penyaluran elpiji tiga kilogram lebih akuntabel ataupun transparan.

"Jika NIK dan Kartu Keluarga sudah terdata di P3KE dan datanya cocok, konsumen bisa langsung bertransaksi pembelian elpiji tiga kilogram di sub penyalur atau pangkalan resmi. Namun jika belum terdata, konsumen dapat mendaftarkan NIK dan KK di sub penyalur atau pangkalan resmi dengan pendaftaran hanya dilakukan sekali," jelasnya.

Diketahui, pencocokan data konsumen rumah tangga dan usaha mikro dilakukan pada sub penyalur atau pangkalan resmi elpiji tiga kilogram tanpa perlu penggunaan atau memilki gawai milik konsumen.

Pencocokan data disinergikan dengan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar