Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Berdayakan Pemuda Dusun Lemahdadi, Pertamina Bantu Lewat Peternakan Ayam Joper

Bantul-Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah memberdayakan pemuda di Dusun Lemahdadi di Kabupaten Bantul Yogyakarta, melalui peternakan ayam Joper alias Jowo Super.

Beberapa peternak ayam Joper dan pemuda kemudian dirangkul, melalui pemberdayaan peternakan guna menghasilkan pundi-pundi cuan.

Pengelola Abadi Farm Eko Paryanto mengatakan ayam Joper merupakan hasil silangan dari ayam petelur dengan ayam Bangkok, dan tidak kalah dengan ayam kampung. Hal itu dikatakan saat ditemui di rumahnya, pekan kemarin.

Eko menjelaskan, sebelum Pertamina datang itu peternak dan para pemuda di Dusun Lemahdadi masih beternak sendiri di rumah masing-masing.

Karena ayam Joper memiliki keunggulan yang sama dengan ayam kampung, maka Pertamina hadir melalui program corporate social responsibility (CSR)

Menurut Eko, pada saat menjadi binaan Pertamina itu ternyata memberikan keuntungan.

Sebab, saat digandeng di akhir 2019 itu di awal 2020 terjadi pandemi sehingga peternakan ayam Joper sedikit banyak membantu korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Kita memilih kenapa Joper karena Joper pasarannya sampai sekarang masih sedikit, dan kebutuhan ayam di Jogja sebagai wisata kuliner jadi cukup besar. Joper ini juga sebagai pengganti ayam kampung karena ayam kampung sekarang sedikit yang memelihara dan harganya juga mahal. Maka kita cari alternatif yang ayamnya itu lebih cepat tumbuh besar dan dagingnya lebih banyak," kata Eko.

Lebih lanjut Eko menjelaskan, CSR Pertamina tidak hanya terkait peternakan ayam Joper saja tapi juga ada produk turunannya.

Yakni pembuatan olahan makanan berbahan ayam berupa nugget, yang dikelola kelompok ibu-ibu Dusun Lemahdadi.

Terpisah Area Manager Communication, Relation and CSR Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga Brasto Galih Nugroho menyatakan kehadiran Pertamina di Dusun Lemahdadi untuk memberikan pendampingan dan peningkatan keterampilan hingga monitoring peternakan ayam Joper yang dikembangkan mitra binaannya.

Menurut Brasto, kebutuhan ayam Joper di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya cukup besar.

Oleh karena itu, diperlukan adanya penyuplai ayam Joper dengan kualitas dan kuantitas memadai.

"Jadi yang kami berikan kepada pihak Abadi Farm adalah fasilitas, up skilling, monitoring dan pendampingan. Kebutuhan ayam Joper di Kabupaten Bantul ini cukup tinggi, dan kita milih program itu untuk bisa meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan," ujar Brasto.

Brasto berharap, peternakan ayam Joper di Dusun Lemahdadi bisa terus berkembang dan memberikan manfaat tidak hanya buat mitra CSR tapi juga seluruh masyarakat sekitar. (K-08)

Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar