Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

LP2K: Operasi Pasar Beras Bulog Tidak Laku di Pasaran

Seorang pekerja di Gudang Bulog Mangkang Kulon ber-
jalan memeriksa stok beras. 
Semarang-Operasi pasar (OP) beras yang dilakukan Perum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah sejak Desember 2017 kemarin, dianggap tidak mendapat sambutan positif di masyarakat. Bahkan, tidak jarang sebagian kuota beras OP yang diselewengkan mitra Bulog.

Ketua LP2K Jateng Ngargono mengatakan ketika harga beras mengalami kenaikan, tetapi masyarakat justru tidak memanfaatkan untuk membelinya.

Menurutnya, konsumsi beras masyarakat rerata di atas kualitas beras milik Bulog. Namun, ketika harganya naik dan Bulog menggelar OP beras besar-besaran tidak menarik minat masyarakat. Alasannya, kualitas yang ditawarkan di bawah rerata beras yang biasa dikonsumsi.

Bahkan, lanjut Ngargono, para pedagang di pasar tradisional juga menyebut kualitas beras OP Bulog jelek. Akibatnya, masyarakat tidak mau mengambilnya.

Oleh karena itu, lebih baik untuk menekan harga beras di pasaran dan penyerapan beras Bulog di masyarakat tepat sasaran dengan mengarahkan beras sejahtera (rastra) untuk 2,4 juta kepala keluarga (KK). Alasannya, data tersebut akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.

"Yang dimaksimalkan data base penerima raskin 2,4 juta KK karena sudah berjalan dan datanya ada. Kalau masih belum mujarab, menurut saya harus ada tambahan alokasi. Kalau normal 12 kali, ya bisa ditambah tiga kali bonus. Penggenjotan ini jauh lebih tepat sasaran daripada OP. Karena, OS saya yakin tidak terserap sesuai target," kata Ngargono, Senin (29/1).

Lebih lanjut Ngargono menjelaskan, apabila pemerintah lebih mengedepankan rastra yang memiliki data 2,4 juta KK maka penekanan harga beras bisa tercapai. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar